21 Mei 2024

Kapal PT Pelni Sabuk Nusantara 53 dan 47 Mulai Beroperasi

0

Kepala Cabang PT Pelni, bambang Sigit.

Merauke, PSP – Setelah lama tidak dapat beroperasi akibat penutupan pelabuhan, saat ini PT Pelni sudah kembali melayani pengangkutan penumpang dengan menggunakan kapal perintis Nusantara 53 dan 47.

Kepala cabang PT Pelni Merauke, Bambang Sigit mengatakan pihaknya sudah kembali melayani pengangkutan penumpang dengan tujuan ke daerah pedalaman Papua.

“ Saat ini kita mengandalkan kapal perintis dengan tujuan Kimaam, Mur, Wanam, Atsi, dan Asgon,” kata Bambang saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (29/7).

Untuk saat ini, PT Pelni mengoperasikan 2 kapal, yaitu Kapal Sabuk Nusantara 47 dan Kapal Sabuk Nusantara 53.

Untuk kapasitas pengangkutan, lanjut Bambang, ada penyesuaian dengan adanya peraturan terkait pembatasan angkutan penumpang.

“ Saat ini sudah berlayar, hanya saja pembatasan sesuai aturan pemerintah bahwa hanya boleh mengangkut 50% dari kapasitas angkut normalnya kapal,” lanjut Bambang.

Ia juga menjelaskan, untuk Kapal Sabuk Nusantara 53 sudah mulai berlayar dari Merauke sejak 24 Juli, sedangkan untuk Sabuk Nusantara 47 tanggal 27 Juli.

“ Perdana kemarin tanggal 24 itu sabuk 53, arah ke Kimaam sampai Atsi dan Asgon. Untuk sabuk 47 tanggal 27 dengan tujuan Kimaam, Mur dan selanjutnya sampai Asgon,” jelasnya.

Untuk kapal Tatamilau, Leuseur dan Sirimau, lanjut Bambang, hingga saat ini masih belum dapat beroperasi, karena ada beberapa tujuan yang belum membuka pelabuhannya. “ Untuk kapal penumpang untuk saat ini belum beroperasi terutamanya untuk wilayah Merauke. Karena ada beberapa pelabuhan yang disinggahi oleh kapal kami, masih menutupi akses keluar-masuk penumpang,” pungkasnya.[CR22-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *