21 Mei 2024

Rumuskan Program, Paroki Santa Maria Gelar Temu Pastoral

0

Temu Pastoral Paroki Santab Maria Fatima Kelapa Lima membahas program 2020.Foto: PSP/ERS

Merauke, PSP – Guna merumuskan program tahun 2020 kali ini, sesuai dengan tema yang ditetapkan keuskupan yakni ‘Persaudaraan dan Kemandirian’ Paroki Santa Maria Fatimah Kelapa Lima menggelar Temu Pastoral di Biara PBHK Kelapa Lima, Sabtu (25/7).

Temu pastoral ini merupakan satu sarana, untuk menyusun program yang mesti sesuai dengan hasil musyawarah keuskupan dan kevikepan kemudian diimplementasikan.

Pastor Paroki Santa Maria Kelapa Lima, Jems Kumolontang,MSC saat dijumpai disela – sela TEPAS mengatakan, yang menjadi fokus perhatian keuskupan dan kevikepan tahun ini mengenai kondisi hidup umat yang dalam hal tertentu memprihatinkan.

“Pada muspas lalu, kondisi hidup umat keuskupan agung Merauke saat ini diwarnai dengan berbagai macam kemajuan dan pengaruh. Dalam hal tertentu memprihatinkan , sebab ada ketergantungan terhadap banyak hal. Maka dalam muspas pada waktu itu diputuskan fokus perhatian dalam tahun 2020 adalah meningkatkan kemandirian umat juga menekankan persaudaraan diantara umat, masyarakat dan umat beriman lain perlu dibangun dan ditingkatkan dari waktu ke waktu,” jelas Pastor Jems.

Dikatakan Pastor Jems, rumusan program yang digodok pastoral tidak akan jaub dari fokus yang ditetapkan keuskupan dan kevikepan.

“Misalnya ibadah lingkungan, jiarah bersama, hanya saja dalam situasi pandemi Covid-19 ini harus tetap menyesuaikan. Apa yang menjadi kebijakan dan program keuskupan harus diimplemntasikan didalam kegiatan dan program paroki,” tegas Pastor Jems.

Menurut, Ketua Dewan Paroki Santa Maria Fatima Kelala Lima Dikky Awerem kemandirian umat dalam hal iman menjadi catatan penting bagi paroki untuk divaluasi. “Ini akan disinkronisasi dengan kevikepan, umat harus lebih aktif lagi mengikuti kegiatan – kegiatan rohani guna menumbuhkan iman umat yang semakin menurun,” tambah Diikky.[ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *