13 Juni 2024

Karantina Pertanian Terbitkan Sertifikat 2.711 Kg Gaharu Tujuan Jakarta

0

Petugas Karantina Pertanian tampak sedang memeriksa gaharu yang akam dkkirimkan ke Jakarta.Foto: PSP/ERS

Merauke, PSP – Rabu (22/7) sebanyak 2.711 Kilogram gaharu diterbangkan ke Jakarta. Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke pun melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap gaharu asal Kabupaten Merauke tersebut.

Petugas Karantina di Bandara Mopah Merauke, Abdul Rasyid dalam keterangan tertulisnya yang diterima, ada dua permohonan pengiriman gaharu dibulan Juli ini. Baik CV. PL dan CV. S yang menjadi pengguna jasa rutin untuk gaharu.

“Kayu gaharu diperiksa baik fisik, maupun kebenaran jumlah dan kelengkapan dokumen yang dipersayaratkan, seperti SATS-DN dari kantor BKSDA. Total sebanyak 2.711 kg yang dikemas dalam 124 koli dengan nilai total mencapai Rp 957 juta,” ujar Abdul.

Dikatakan Abdul, usai pemeriksaan selesai dilakukan, petugas langsung menerbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan antar area.

“Gaharu yang dikirim, digunakan sebagai bahan bangunan, bahan baku parfum, kemenyan, dupa, dan banyak lagi,” katanya. Ditambahkan, kayu gaharu merupakan komoditas potensial yang bernilai tinggi, seiring dengan tingginya permintaan pasar. Maka perlu melaporkan kepada pejabat karantina bila ingin melalulintaskan komoditas baik hewan maupun tumbuhan,” pesannya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *