19 Mei 2024

SMAN 1 Merauke Gelar Pelatihan RPP Satu Lembar

0

Pelatihan pembuatan RPP Satu Lembar, SMAN 1 Merauke. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Sekolah Menenggah Atas Negeri (SMAN) 1 Merauke menghelat pelatihan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar di Lab Komputer SMAN 1 Merauke, Rabu (22/7/2020). Upaya ini diberikan agar guru bisa lebih felksibel dalam melakukan proses pembelajaran khususya dimasa pandemi virus corona.

Pelaksana Harian Kepala SMAN 1 Merauke, Dra. Benedikta Sri Lestari Kelanit mengungkapkan bahwa RPP 1 lembar ini dapat digunakan secara fleksibel sesuai dengan metode belajar yang dipilih oleh guru, baik pertemuan langsung, maupaun tidak langsung

“Metodenya tergantung jadwal, kalau pembelajarannya tatap muka, maka RPPnya untuk tatap muka. Sedangkan kalau oline maka RPPnya untuk online. Jadi guru harus membuat sistem pembelajaran yang sesuai,” ungkapnya kepada Papua Selatan Pos, kemarin. 

Pengawas SMA, Ibrahim, sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Pasalnya, akan membangkitkan semangat guru dalam mengajar terlebih khusus dimasa pandemi covid-19 seperti saat ini yang menuntut guru untuk bisa menggunakan beragam metode pembelajaran.

“Saya sangat mengapresiasi, karena kan untuk membangkitkan semangat guru-guru, apalagi dimasa covid ini yang harus ikut protokol. Misalnya dalam disekolah ini satu minggu yang masuk kelas 10, nanti minggu berikutnya kelas 11 dan seterusnya. Jadi RPP satu lembar bisa digunakan untuk beberapa tipe pembelajaran,” ungkapnya.

Menurut Ibrahim, di Merauke telah ada beberapa sekolah yang melaksanakan pelatihan bagi guru-gurunya. Nantinya, RPP 1 Lembar akan bisa digunakan mulai 1 Agustus saat kegiatan belajar mengajar aktif kembali.   “Kemarin saya di kurik, untuk workshop selama 3 hari, selain itu SMA 3 dan SMA Jhon juga sudah. Karena minggu depan kita sudah mulai pembelajaran di 1 Agustus. Nantinya, apakah menggunakan daring, atau tatap muka, yang jelas harus secara protokol pencegarah covid-19,” tandasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *