14 Juni 2024

Dampak Rasionalisasi Dana Perimbangan, Pemda Merauke dan DPRD akan lakukan Perubahan APBD 2020

0

Ruslan Ramli SE, M.Si

Merauke, PSP – Pemerintah Kabupaten Merauke bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam waktu dekat akan melakukan perubahan APBD tahun 2020. Hal ini sesuai interpretasi dari surat keputusan bersama antara Mendagri dan Menteri Keuangan tentang recovusing anggaran.

Pejabat Sekretaris Daerah Merauke, Ruslan Ramli saat ditemui usai rapat penyamaan persepsi antara DPRD dan Pemkab Meruke mengatakan keputusan perda perubahan diambil mengingat dengan adanya covid-19, dimana berdampak pada dana perimbangan. Selain itu, sampai dengan akhir tahun, pemerintah perlu menyiapkan anggaran tak terduga untuk penanganan covid yang tidak bisa ditebak akan seperti apa kondisi selanjutnya. 

“Anggaplah covid landai terus sampai Desember, maka sejumlah dana disitu tidak efekatif, tetapi ini harus dikalkulasi secara cerdas dan cermat. Jangan sampai orang mengatakan ada gelombang kedua, kemudian nanti kita tidak siap dari anggarannya, ini juga masalah sehingga tadi kami sampaikan kita harus lebih hati-hati,” ungkapnya, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, penghitungan anggaran dengan kondisi yang tidak bisa ditebak perlu dilakukan dengan tepat dan cermat. Pasalnya, kedepan tidak lagi bisa dilakukan perubahan ABPD.  

“Menghitung anggaran untuk sesuatu yang unpredictable (tidak bisa diprediksi), kita harus lebih cermat. Karena kita tidak akan mungkin melakukan perubahan APBD lagi. Kemudian, kalau kegiatan sudah berjalan, nanti dari mana sumbernya,” tandasnya.

Saat ini, pihaknya belum bisa menyebutkan berapa anggaran yang akan dicadangkan. Menurutnya, setelah dilakukannya rapat perubahan bersama stakeholder, baru ia bisa menyebutkan jumlahnya.

“Belum kita sampai ke tahap itu, masih ke tahap penyamaan persepsi, nanti tentunya akan kami undang Dinas Kesehatan, RSUD yang lebih teknis, kemudian perkembangan kita kan diskusikan lagi. Nanti baru akan terjawab setelah kita membahas seluruh perubahan APBD,” ujarnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *