18 April 2024

Lomba Kompetensi Siswa (LSK) Tingkat SMK di Wilayah Ha-Anim Diikuti Oleh 9 Siswa

0

Peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Foto: PSP/CR22

Merauke, PSP – Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa, di SMK Negeri 3, 27-29/2020. Lomba tersebut diikuti 3 kabupaten lainnya, yaitu Merauke, Boven Digoel dan Mappi.

Ketua panitia, Hariyati mengatakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 27 dan 29 Juni 2020 dengan 3 mata lomba yang di lombakan.

Advertisements
Advertisements

“Untuk LKS kali ini kita hanya ada 3 mata lomba saja yaitu Bisnis Manajemen, Pariwisata dan restoran Service, dan Teknik Informasi, karena dimasa pandemi ini kita tidak bisa mengadakan banyak mata lomba,”ucap Hariyati saat ditemui disela-sela lomba, sabtu, (27/6).

Ia melanjutkan, LKS kali ini hanya diikuti oleh 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di wilayah Kabupaten Merauke.

Advertisements
Advertisements

“Untuk pesertanya pun kali ini kita hanya ada 9 dari 5 sekolah yaitu, SMKN 1 Merauke, SMKN 2 Merauke, SMKN3 Merauke, SMK antonius dan SMKN 1 Tanah Miring,” tambahnya.

Advertisements

Ia menambahkan, sejatinya kegiatan lomba ini harusnya dapat diikuti oleh kabupaten lain, namun akibat kondisi saat ini yang belum stabil jadi tidak dapat mengundang SMK yang ada di kabupaten lain.

Advertisements
Advertisements

Untuk jurinya, lanjut hariyati, pihaknya mengundang orang dari Dunia Industri untuk menilai siswa dalam lomba tersebut.

“Kami undang orang yang ada di Dunia Industri untuk menjadi juri, dan untuk yang menang di wilayah adat ini selain mendapat hadiah, juga nantinya akan mewakili untuk mengikuti LKS di tingkat Provinsi,”imbuhnya.

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Masih di tempat yang sama, Sekertaris LKS, Hoppy Istiawan mengatakan telah terpilih siswa terbaik yang akan mewakili wilayah Ha-Anim.

“Hari senin ini adalah hari terakhir kegiatan LKS Tingkat SMK untuk wilayah adat Ha-Anim, sekaligus pengumuman siapa yang menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah serta mewakili wilayah Ha-Anim untuk mengikuti LKS tingkat Provinsi di Jayapura,”Ujar Hoppy saat ditemui seusai kegiatan, Senin, (29/6).

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Pemenang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat SMK di wilayah adat Ha-Anim ini didapat 3 pemenang dari 3 sekolah berbeda untuk 3 mata lomba yang dilombakan.

“Untuk Teknik Informasi juara satunya dari SMKN 3 Merauke, untuk pariwisatanya dari SMKN 2 Merauke dan untuk Bisnis manajemennya dari SMKN 1,”tambahnya.

Advertisements
Advertisements

Hoppy menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswa yang nantinya akan mewakili wilayah adat Ha-Anim di provinsi sudah siap dan teruji kemampuannya.

“melalui seleksi ini, tentunya siswa-siswa yang terpilih adalah siswa-siswa yang istilahnya siap menghadapi LKS di tingkat Provinsi,” tambahnya.

Advertisements
Advertisements

Sebelum berangkat ke Jayapura tanggal 17 juli nanti untuk mengikuti LKS tingkat Provinsi, siswa yang terpilih akan dilatih agar lebih siap lagi dalam mengikuti LKS tingkat provinsi tersebut. “Sebelum kita berangkatkan, para pemenang ini akan kami berikan pelatihan dengan cara nantinya siswa akan kami magangkan ke dunia usaha untuk persiapan menghadapi lomba LKS tingkat Provinsi,” pungkasnya. [CR22-NAL]

Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *