22 Februari 2024

Percepat Pemeriksaan Sampel Pasien, Tim Gugus Tugas Usulkan Pengadaan PCR

0

Ilustrasi

Tanah Merah, PSP – Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Boven Digoel melalui Pokja Kesehatan, dalam rapat evaluasi kembali mengusulkan pengadaan alat PCR untuk mempermudah dan mempercepat proses pemeriksaan sampel pasien yang terindikasi Covid-19 melalui Rapid Test.

Penusulan ini disampaikan lantaran dalam penanganan pasien selama ini, Pokja Kesehatan selalu kesulitan dalam pengiriman Sampel ke Merauke dan Jayapura. Selain itu, terkadang sampel yang hendak dikirim selalu dibatasi jumlahnya dan menunggu hasilnyapun membutuhkan waktu lama. Sementara jumlah pasien Rapid Reaktif, khususnya  di boven digoel semakin hari terus bertambah.

Berdasarkan pertimbangan inilah Pokja Kesehatan melalui Ketuanya, dokter Yuki mengusulkan kepada Pemeritah Daerah untuk pengadaan alat PCR, guna mempermudah dan mempercepat pemeriksaan sampel pasien Reaktif Rapid test.

Mendengar usulan itu dibenarkan serta mendapat dukungan Kepala Dinas Kesehatan yang juga sebagai Ketua harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Boven Digoel, H. Syahib. Menurutnya pengadaan PCR harus dilakukan, karena dengan alat tersebut dapat membantu Tim Kerja dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Boven Digoel.

Selain itu, kata H. Syahib, dengan alat tersebut, dapat menghemat pengeluaran Anggaran Covid seperti halnya, biaya pengiriman Sampel, transportasi Merauke Boven Digoel, dan juga dapat menghemat pengeluaran konsumsi bagi pasien reaktif yang dikarantina.

Sementara itu, Wakil Bupati Boven Digoel, H. Chaerul Anwar juga turut mendukung usulan pengadaan Alat PCR. Menurutnya jika menjadi Kebutuhan maka harus segera didatangkan, dalam mendukung kerja Pokja Kesehatan memerangi penyebaran Virus Corona di boven digoel.

“Tentu apa yang disampaikan oleh Pokja kesehatan tentu kita dapat mendukung bersama, dan dari dinas kesehatan untuk mengakomodir apa yang diusulan dari pokja kesehatan, kalau memang sangat dibutuhkan harus di akomodir,” ujar Chaerul saat memberikan arahannya dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Bupati Boven Digoel belum lama ini. [VER-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *