21 April 2024

Jelang Beroperasinya Penerbangan, KKP Siap Lakukan Penjagaan

0

Bambang Budiman

Merauke, PSP – Menjelang akan beroperasinya penerbangan penumpang di Bandar Udara Mopah Merauke, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah siap lakukan penjagaan bagi penumpang yang datang maupun yang akan pergi.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Merauke, Bambang Budiman mengatakan pada prinsipnya persiapan yang dilakukan adalah seperti biasa pada umumnya, namun menurutnya ada penekanan dan penegtatan dengan persyaratan yang sudah ditetuka oleh pemerintah.

“Persiapannya rutin seperti yang biasa kita lakukan, seperti ada penekanan-penekanan pada saat pemeriksaan atau social distancing. Kita mempersiapkan kerja dan menyesuaikan antara tim KKP, Satgas dan semua unsur yang ada di bandara,” ucap Bambang kepada Papua Selatan Pos, Rabu (17/6/2020).

Bambang menegaskan, nantinya ada beberapa rangkaian alur yang wajib dilakukan oleh calon penumpang saat mulai memasuki area bandara sampai sebelum di dalam pesawat.

“Dokumen perjalanan atau proposal perjalanan, keterangan sehat baik bebas penyakit batuk, demam atau lainnya. Kemudian, kami ada pemeriksaan tensi, saturasi. Selanjutnya mengisi EHAC atau surat data diri untuk penumpang. Ini digunakan untuk nanti keluar daerah atau datang, penumpang sudah ada data-datanya, jadi kalau kemudian didapati ada gejala, maka kita bisa track atau survei edimologinya. Setelah siap baru bisa masuk kedalam bandara,” terangnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *