21 Februari 2024

Jika Kondisi Membaik, Hotel Asmat akan Digunakan Sebagai Rumah Sakit Khusus Covid

0

Hotel Asmat akan dijadikan RS Covid. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Jika kondisi pandemi covid-19 semakin membaik dan semua pasien covid dinyatakan negatif, maka nantinya Hotel Asmat akan digunakan sebagai rumah sakit kahusus penanganan covid-19.

Juru Bicara Covid-19, Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita mengatakan sedianya RS Bunda yang akan digunakan sebagai RS khusus covid. Namun, karena RS Bunda memiliki jarak yang jauh, maka agar nantinya penanganan lebih cepat, pemerintah menentukan Hotel Asamat sebagai RS khusus Covid.

“Misalnya RSUD kembali ke pelayaan umum dan covid dipindahkan ke RS Bunda, teman-teman klinis ada sedikit kesulitan, karena jarak kesana lumayan jauh. Maka, alternatifnya ke Hotel Asmat, sehingga kalau ada apa-apa jadi mudah, teman-teman dari rumah sakit kalau ada apa-apa mudah memantau,” kata Nevile, dalam konferensi pers kepada wartawan di posko covid-19, Rabu (27/5/2020).

Selanjutnya, saat disinggung mengenai kapan tepatnya recana ini bisa direalisasikan, Nevile belum bisa memastikan. Menurutnya, pemerintah hanya menunggu perkembangan covid semakin membaik.

“Belum tau, masih kita lihat perkembangan kedepan. Karena ini juga pasien dari Boven Digoel masih banyak. Nanti kita lihat hasil yang kita kirimkan (sampel darah). Misalnya yang dari boven sudah sembuh, dan semua yang negatif sudah pulang, kita baru akan menata pelayanan umumnya dengan teman-teman di rumah sakit,” ujarnya.

Selain itu, menurut Nevile, Hotel Asmat memang belum memiliki fasilitas yang mendukung sebagai rumah sakit. Nantinya perlua ada modifikasi dan penambahan fasilitas agar sesuai dengan standar protokol penanganan Covid-19.

“Tinggal nanti kita modifikasi sesuai dengan prosedur dan tatacara atau protokol yang ditentukan. Memang harus ada perubahan-perubahan sesuai mekanisme atau protokol yang harus dibuat,” pungkasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *