14 Juni 2024

Dukung Idul Fitri, PLN Lakukan Apel Siaga Dan Cek Kesiapan Peralatan

0

PLN UP3 Merauke melakukan apel siaga dan pengecekan kesiapan alat, petugas dan material. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Dalam rangka mendukung kelancaran hari raya idul fitri, PLN UP3 Merauke melakukan apel siaga dan pengecekan kesiapan alat, petugas dan material yang dihelat secara serentak dimasing Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN se-Merauke, pukul 08:00 Wit, Jumat (15/5/2020).

Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Merauke, Didik Krismanto mengatakan bahwa sedianya kegiatan apel siaga ini dilakukan secara gabungan di PLTD Merauke. Namun, dengan adanya pandemi covid-19, apel dilakukan di masing-masing ULP dan dilakukan secara serentak. 

Dalam siaga Idul Fitri, imbuh Didik, akan dilakukan selama 17 hari, yaitu sebelum sampai setelah Idul Fitri. Ia menyebutkan, total seluruh personil yang melakukan siaga ada 145 orang, yang terbagi dimasing-masing ULP. 

“PLN melakukan apel siaga pasokan listrik dalam rangka mendukung Hari Raya Idul fitri1441 hijriah, Kami siaga dari tanggal 15 Mei sampai dengan tanggal 31 Mei. Hari ini kami lakukan apel siaga serentak, kalau biasanya kita lakukan bareng di PLTD, baik dari ULP Kuprik, ULP Kurik, UPL Kota. Tapi karena kondisi pandemi covid-19, untuk tahun ini kita lakukan dimasing-masing ULP secara serentak pukul 08:00. Personil kita yang siaga di ULP kota ada 66 orang, di ULP Kuprik ada 23 orang, di ULP Kurik ada 28 orang, di Tanah Merah ada 19 orang dan di Kepi ada 9 orang. Jadi total personil siaga kami ada 145 orang,” kata didik, kepada wartawan seusai apel siaga, Jumat (15/5/2020).

Menurut Didik, apel siaga dilakukan guna mengkondisikan kesiapan semua komponen, agar nantinya semuanya benar-benar siap. Ia berharap, selama Idul Fitri pasokan ke pelanggan aman, jika nantinya ada ganguan pada jaringan listrik, dapat diminimalisir dan bisa ditanggani secara lebih cepat.

“Kita juga tadi lakukan pengecekan kesiapan petugas, kesiapan peralatan, dan kesiapan material. Jadi jangan sampai dalam kondisi siaga ini nanti teman-teman peralatannya tidak siap. Sehingga, harapannya dengan adanya apel siaga ini, pasokan listrik kita bisa berjalan dengan lancar dan aman, kalaupun ada ganguan kita bisa lebih cepet untuk recovery ganguannya,” ujarnya.

Selain itu, Didik menegaskan jika kapasitas daya yang dimiliki PLN saat ini sanggat aman. Menurutnya, yang perlu dilakukan hanya melakukan inspeksi secara rutin untuk mengecek kemungkinan terjadinya ganguan pada jaringan.

  “Kapasitas daya kita saat ini sekitar 44,6 megawatt (MW), kemudian beban kita baru diangka 20 MW, jadi kita masih ada cadangan daya 24 mw, maka Kalau dari sisi cadangan kita aman. Untuk mengantisipasi adanya gangguan, kita juga lakukan inspeksi jaringan rutin tiap hari untuk meminimalisir terjadinya ganguan. Paling tidak dicek kalau ada potensi ganguan, mislanya pohon sudah mulai tinggi, maka kita lakukan pemotongan,” tutupnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *