21 Februari 2024

Mayarakat yang Hendak ke Luar Daerah Wajib Kantongi Surat Rekomendasi dari Posko Satgas

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – Masyarakat yang ingin bepergian keluar daerah harus mendapatkan dan mengurus surat rekomendasi dari Posko Covid-19 yang ada Kantor Bupati Merauke lantai 1. Surat rekomendasi itu, sebagai bentuk ijin yang diberikan pemerintah kepada siapa saja yang ingin bepergian ditengah pembatasan sosial dimasa Virus Corona.

“Iya harus dapat surat rekomendasi dari posko satgas. Surat rekomendasi itu juga sekaligus prosedur untuk mengurus surat kesehatan di puskesmas,” ujar Juru Bicara Covid-19 di Kabupaten Merauke dr. Nevile R. Muskita kepada Papua Selatan Pos dari balik ponselnya, Kamis (7/5).

Dikatakan Nevile, tanpa adanya surat rekomendasi dari Posko Satgas, puskesmas tidak akan mengeluarkan surat kesehatan karena dianggap tidak mendapatkan ijin.

“Sekarang kan sudah pembatasan bepergian, posko juga tidak akan ijinkan apabila permintaan pergi keluar daerah tidak terlalu penting. ,” kata Nevile.

Standar Oprasional itu berlaku, lanjut Nevile, Senin 4 Mei 2020 lalu semenjak adanya kasus seorang warga Boven Digoel positif corona lolos melalui Distrik Ulilin.

Dikatakan, untuk mendapat surat rekomendasi dari posko satgas, masyarakat juga harus membawa surat tugas apabila memang hal itu merupakan tugas penting. “Itu langkah – langkah, supaya jangan sembarang orang keluar masuk,” lanjut Nevile.

Diterangkan Nevile, surat kesehatan harus dikeluarkan oleh puskesmas dikarenakan daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) merupakan data yang dimiliki puskesmas. “ODP di masing – masing kelurahan puskesmas yang punya data. Makanya setiap orang yang mau urus surat kesehatan atas dasar rekomendasi posko satgas harus dibuat di puskesmas sesuai domisil bersangkutan,” tandasnya.

Hal itu untuk menghindari kemungkinan yang terjadi apabila bersangkutan terjangkit Virus Corona. “Kalau tidak seperti itu ODP kan bisa bebas,” pungkas Nevile. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *