13 April 2024

Imbas Covid-19, Tidak Semua Nasabah Bank BRI Dapatkan Pengampunan Kredit

0

Fransiskus K Kurnianto

Merauke, PSP – Kepala Cabang BRI Merauke, Fransiskus K Kurnianto menyampaikan dengan adanya wabah  Covid-19, Bank BRI memberikan pengampunan kredit ke nasabahnya. Tetapi tidak semua nasabah mendapatkan pengampunan tersebut. Bank BRI akan melakukan  asesmen dan analisa apakah terdampak atau tidak. Jangan sampai nasabah yang sama sekali tidak terdampak atau bahkan mendapat keuntungan lebih dari kondisi seperti saat ini.

“Sesuai dengan Kabijakan OJK tentang tindakan pengampunan kredit, kita sudah melaksanakannya. Namun, usaha-usaha yang terdampak itu tidak semuanya sama. Kita memberikan treatment dan penyesuaian kredit itu tidak sama pada setiap orang, jadi kita harus asesmen satu persatu. Seberapa besar dampak yang mereka alami. Karena ada juga yang tidak terdampak, bahkan ada juga yang malah mendapat keuntungan lebih,” ungkap Fransiskus kepada wartawan, di Ruang Kerjanya, Jumat (24/4).

Frensiskus menjelaskan, bahwa maksimal BRI akan memberikan penanguhan kredit selama satu tahun yang terhitung sejak Maret lalu. “Maksimal yang bisa kita berikan penanguhan itu satu tahun namun tergantung dari kondisi dan dampaknya. Kita sudah melakukan sejak akhir Maret setelah OJK mengeluarkan peraturan,” terangnya.

Menurut Fransiskus, setelah dilakukanya pertemuan antara seluruh perbankan bersama Pemda Merauke, saat ini hampir semua Perbankan telah memberikan Pengampunan kredit. Sedangkan untuk BRI, total sekitar 500 lebih nasabah yang telah mendapat pengampunan kredit.

“Kita juga ada pertemuan dengan Pemda bersama seluruh perbankan yang ada di Merauke, dan rata-rata semua perbankan sudah melakukan itu. Kami sudah melakukan cukup besar, secara jumlah sekitar diatas 500 nasabah yang kita berikan kompensasi,” tutrnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *