21 Februari 2024

Cegah Virus Corona, Kampung Wasur Awasi Setiap Pengunjung yang Masuk

0

Pos Penjagaan Pencegahan Virus Corona di Jalan Masuk Kampung Wasur. Foto:PSP/JAK

Merauke,PSP-Dalam mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kampung Wasur, Distrik Merauke telah mengambil langkah untuk mengawasi setiap pengunjung dari luar yang masuk ke kampung. Seluruh akses keluar masuk kampung juga sudah ditutup dan kini hanya melewati satu pintu, sehingga dapat dilakukan pengawasan.

Pemerintah kampung juga telah membentuk Tim Relawan Gugus Tugas Pencegahan Virus Corona dan membangun pos penjangaan di depan kampung, sehingga setiap pengunjung yang masuk akan didata dan dicek indentitas lengkap. Selain itu, setiap pengunjung wajib mencuci tangan sebelum masuk ke kampung.

Kepala Kampung Wasur, Thobias Wamal Gebze mengatakan bahwa ini merupakan langkah yang diambil oleh pemerintah kampung dengan bersama dengan lembaga adat. Langkah ini diambil guna menantisipasi penyebaran Covid-19 yang saat ini sudah ada beberapa kasus di Kabupaten Merauke.  

“Kami sudah koordinasi dengan kepala distrik dan pihak kepolisian, sangat mendukung kami untuk mengambil langkah ini. Beberapa hari lalu, dari pihak kepolisian juga telah datang ke kampung untuk melakukan sosialisasi mengenai Covid-19,” kata Thobias saat ditemui Papua Selatan Pos di Kampung Wasur, Jumat (24/4).

Dia mengatakan, pengawasan ini sudah berjalan kurang lebih selama 2 minggu. Di samping itu, pihaknya juga membatasi setiap warga kampung untuk melakukan aktivitas di luar kampung, terutama untuk pergi ke kota. Namun demikian, warga hanya diperbolehkan untuk melakukan aktivitas di hutan seperti berburu atayu mencari kayu bakar.

“Kami di sini menjaga kalau ada orang dari kota yang mau kunjungi keluarga di dalam kampung. Kami tidak melarang, kami tetap memperbolehkan, tetapi bagi yang mau masuk wajib mencuci tangan dan akan didata namanya, keperluannya apa dan berapa jam dia di dalam dan tim akan yang awasi,” kata Thobias. [JAK-RH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *