27 Juli 2024

Sikapi Persyaratan 14% Kadar Air Oleh Bulog

0

Margono

Petani : Bisa, Asalkan Cuaca Mendukung

Merauke, PSP – Menyikapi persyaratan Kadar Air 14% dan Hampa 3% yang ditetap oleh Bulog selaku penerima beras, Petani di Kampung Amunkay mengaku bisa untuk memenuhi persyaratan tersebut. Hal tersebut di ungkapkan oleh Margono selaku petani di Kampung Amunkay. Menurutnya kadar air bisa saja tidak lebih dari 14% asal kan didukung oleh cuaca panas pada saat menjemur padi.

“Bisa saja sebenarnya, yang penting pada saat petani jemur itu kondisi nya panas, sementara cuaca inikan kita tidak tau, tapi kalau panas kita bisa jemur maksimal sehingga kadar airnya tidak lebih dari 14%, dan untuk kehampaan yang standar nya 3% itu harus diterapkan sistem teknologi pertanian dan pupuk yang berimbang,” ungkap Margono kepada PSP, saat ditemui dirumahnya, Selasa (21/4).

Margono juga mengungkapkan, bahwa pihak nya sangat menyayangkan tidak adanya  sosialisai dari pemerintah, Bulog ataupun dinas terkait, tentang adanya kebijakan baru tersebut. Menurutnya, dengan ada nya sosialisai dan duduk bersama antara Petani dan bulog maupun pemerintah dapat dijadikan media diskusi untuk menentukan harga yang layak untuk gabah petani.

Margono juga berharap, agar pemerintah daerah dapat mengeluarkan kebijakan supaya petani dapat terbantu, seperti memberikan bantuan berupa Alat tester untuk mengecek kadar Air pada padi, atau pun melakukan negosiasi dengan bulog untuk menaikan harga beli gabah petani. [CR25-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *