27 Juli 2024

Laksanakan Instruksi Pemerintah, Kampung Yasamulya Akan Berikan BLT Untuk Masyarakat

0

Suasana Sosialisasi kepada RT RW dalam rangka Survey penerima BLT di Kampung Yasamulya.Foto: PSP/CR25

Merauke PSP – Menindak lanjuti intruksi dari Pemerintah Pusat dan Kementrian Desa terkait penanganan covid 19, pemerintah Kampung Yasamulya melaksanakan Sosialisasi kepada para ketua RT dan Rw dalam rangka menjalankan kegiatan survey kepada masyarakat calon penerima Bantuan Langsung Tunai, (BLT), Selasa  (21/4).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para ketua RT, dan melibatkan Bamuskam, Babinsa, dan Polsek Tanah miring. Kegitan tersebut bertujuan untuk memberikan arahan kepada para ketua RT agar mengetahui dan bisa mendata masyarakat yang betul betul tidak mampu dan terdampak corona, sehingga bantuan langsung tunai (BLT) tersebut tepat sasaran.

Danyel Salmon selaku kepala Kampung Yasamulya mengungkapkan, bahwa dana yang digunakan untuk memberikan bantuan langsung tunai tersebut berasal dari realokasi  anggaran dana desa tahun 2020.

“Jadi memang RAPBK yang telah kami ajukan ke Kabupaten, itu ada arahan untuk kami lakukan perubahan, supaya program penanganan covid 19 yang termasuk Bantuan Langsung Tunai itu bisa masuk dalam APBK tahun 2020, ungkap Daniel kepada PSP saat ditemui di Kantor Kampung Yasamulya, Selasa (21/4).

Danyel menambahkan, bahwa pihak nya juga masih berpijak pada Permendes no 11 tahun 2019  yang telah mengalami perubahan melalui surat keputusan menteri desa daerah tertinggal dan transmigrasi no 6 tahun 2020 tentang penanganan covid 19. Danyel berkata dalam surat keputusan tersebut, dijelaskan perihal kampung penerima dana desa dengan jumlah kisaran 800 juta s/d 1 milyar, wajib mengeluarkan minimal 25% dari dana desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selain itu, Danyel juga menegaskan bahwa Kampung Yasamulya yang menerima dana desa senilai satu milyar lebih akan mengeluarkan 30% dari Dana desa tersebut dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Untuk kami ini, Kampung Yasamulya yang kebetulan kami dapat Dana Desa kisaran Rp. 1.135.014.000, 00 kami pastikan akan kami keluarkan 30% dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai, ujar Danyel.

Sementara itu, sampai saat ini perkiraan penerima BLT di Kampung Yasamulya berjumlah 189 Kepala Keluarga (KK). Penerima tersebut nantinya akan menerima bantuan langsung tunai secara bertahap selama 3 bulan, dengan jumlah yang diterima perbulan nya senilai Rp. 600.000, 00. [CR25-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *