27 Juli 2024

Jelang Bulan Ramadhan, Beberapa Kebutuhan Pokok Alami Kenaikan Harga

0

Merauke, PSP-Menjelang bulan Ramadhan, kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok di Pasar Wamanggu merangkak naik. Hal tersebut di Ungkap kan oleh Hayin seorang penjual sayur dan kebutuhan pokok di Pasar Wamanggu. Hayin menyebutkan bahwa kenaikan harga beberapa item kebutuhan pokok disebabkan karena stock dari barang tersebut sedikit sedangkan permintaan banyak.

“Itu memang ada kenaikan, stok barang nya memang sedikit tapi permintaan tetap banyak, contohnya ya kayak cabe rawit, permintaan nya banyak, tapi stok nya tipis jadi harga nya melambung sampe 110 hingga 120 per kilo,” Ungkap Hayin saat ditemui di lapak jualannya, Senin (20/4).

Hayin juga menambahkan beberapa jenis kebutuhan pokok masih dalam harga yang stabil, namun kebutuhan bumbu dapur dan sayran seperti kentang, bawang merah dan lainnya mengalami kekosongan akibat terlambatnya kiriman dari luar daerah, yang mengakibatkan para penjual dan pembeli kesulitan mendapat kan barang tersebut.

Sementara itu, hayin juga menyebutkan bahwa kenaikan beberapa harga barang membuat pendapatan nya sedikit menurun, karena naiknya harga beberapa barang membuat para pembeli mengurangi belanjaannya.

“Kalau kurangnya pendapatan sih ya pasti ada, itu kan biasanya dipengaruhi daya beli pembelianya. Misalnya ada langganan kita yang kalo beli lombok di harga normal bisa sampe 4 ato 5 kilo, tapi karena harganya sekarang mahal jadi beli nya cuma 2 kilo,” ujar Hayin.

Hayin berharap agar kapal pengangkut barang kebutuhan pokok yang berasal dari luar papua bisa lancer, sehingga ketersediaan barang kebutuhan pokok bisa tercukupi dan beberapa barang yang harganya naik bisa normal kembali. [CR25-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *