13 Juni 2024

KPU  Merauke Gelar Rakor Hasil Pemetaan Data Pemilih dan TPS untuk Pilkada 2024

0

Rakor hasil penetapan data pemilih dan TPS untuk Pilgub-Wagub, Bupati-Wabup Kabupaten Merauke oleh KPU Merauke

Merauke, PSP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke menggelar rapat koordinasi hasil pemetaan data pemilih dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur,Bupati-Wakil Bupati pada Kabupaten Merauke tahun 2024 di Hotel Megaria, Kamis (30/5/2024). Rakor itu melipatkan Ketua PPD dari 22 distrik yang ada hingga Disdukcapil Kabupaten Merauke.

Anggota Komisioner Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Merauke, Yoga Trenggono mengatakan dari data pemetaan yang sudah dilakukan ada 403 TPS diluar lokasi khusus yakni Lapas Kelas IIB Merauke. Hanya saja, data itu bisa saja berkembang sesuai dengan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) saat dilakukan  pencoklitan di lapangan. Demikian juga dengan jumlah pemilih, bisa saja berkembang sesuai dengan pencoklitan.

“Nanti kurang lebih satu bulan mulai 24 Juni 2024 akan dilakukan coklit. Disitulah nanti kita bisa melihat apakah ada penambahan atau perampingan TPS. Dari situ juga nanti kita bisa melihat apakah ada perubahan DaftarPemilih Sementara (DPS),Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT)”,  beber Yoga di sela-sela rakor tersebut.

Sesuai aturan, kata Yoga, jumlah pemilih di satu TPS minimal 400 pemilih dan maksimalnya 600 pemilih. Namun perlu juga disesuaikan terutama letak geografis maupun jaraknya. Sementara Ketua KPU Merauke, Rosina Kebubun berpesan  dalam pemutakhiran data pemilih nanti, masyarakat yang memiliki KTP harus terakomodir dengan baik.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *