13 Juni 2024

Curah Hujan di Papua Selatan Masih Berpotensi Beberapa Hari Kedepan

0

Kepala Stasiun Klimatologi Papua Selatan, Marsildus Keytimu.

Merauke, PSP – Stasiun Klimatologi (Staklim) Papua Selatan kembali mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Papua Selatan beberapa hari kedepan. Kepala Staklim Merauke, Marsildus Keytimu mengatakan masih ada potensi turun hujan dengan intensitas rendah hingga sedang selama 21-31 Mei 2024.

“ Untuk prakiraan cuaca dan iklim tanggal 21-31 Mei ini kami memprakirakan untuk kabupaten Merauke curah hujannya 50-75 milimeter, jadi dari rendah hingga menengah. Sebagian Boven Digoel ini curah hujannya kategori menengah, kemudian untuk wilayah Asmat ini bervariasi dari 75-150 milimeter curah hujannya,” katanya saat dihubungi media ini melalui sambungan telepon, Rabu (23/5).

Sementara untuk monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) untuk Provinsi Papua Selatan sesuai pengamatan didominasi dengan kriteria masih ada hujan di sebagian besar wilayah.

“ Untuk monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) dari data-data pos hujan yang kami amati untuk provinsi Papua Selatan ini masih didominasi oleh kriteria masih ada hujan, kecuali di daerah Mappi ada 1 titik pengamatan yang sudah tidak berhujan 6-10 hari atau masih dalam kategori pendek ini di daerah Assue, Mappi selebihnya yang lain masih ada hujan dan kategori HTH masih pendek yaitu 1-5 hari dari data terupdate,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat terutama yang di daerah Merauke ini harus mewaspadai pohon-pohon tumbang di jalan, kemudian jalanan licin. Kemudian cuaca ekstrim ini dapat mengakibatkan banjir yang perlu diwaspadai.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *