26 Juli 2024

Ketua MRP Papua Selatan Dorong Pemilu Bersih dan Representatif

0

Ketua MRP Provinsi Papua Selatan Damianus Katayu,S.IP.,MAP

Merauke, PSP – Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Selatan, Damianus Katayu, S.IP.,MAP mendorong pelaksanaan pemilu yang akan terselenggara pada 14 Februari 2025 mendatang.

Ia menyampaikan pokok pikiran yang menekankan pada beberapa aspek penting untuk menjaga integritas dan representasi dalam pesta demokrasi mendatang.

Dalam pernyataannya, Katayu mengungkapkan dukungannya terhadap pelaksanaan pemilu dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah.

“Upaya ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang aman dan damai, baik menjelang maupun setelah pemilu,” ujar Katayu kepada wartawan di Makorem 174/ATW, Kamis (1/2).

Dikatakan, MRP menegaskan pandangannya terkait pentingnya menghindari politik uang dalam proses pemilu. Mereka memandang bahwa pemilu harus berlangsung secara bersih, jujur, dan adil, tanpa adanya campur tangan politik uang yang dapat merusak integritas demokrasi.

Komitmen MRP tidak hanya sebatas pada pemilu yang bersih, namun juga menyoroti aspek representasi dalam parlemen.

“MRP mengajak masyarakat untuk memilih caleg yang berasal dari orang asli Papua, sehingga ada representasi yang kuat di tingkat legislatif. Hal ini sejalan dengan upaya untuk memberikan perwakilan sebesar 30 persen bagi perempuan di parlemen,” terang dia.

Rencana tersebut tengah dibahas secara mendalam, sambungnya, diharapkan keputusan mengenai pokok pikiran yang ada dan kuota perempuan dapat segera diambil dalam rapat pleno yang akan datang. Dengan demikian, diharapkan pemilu tahun 2024 akan berjalan dengan integritas dan mencerminkan representasi yang adil bagi masyarakat Papua Selatan,” pungkasnya . [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *