Di Boven Digoel Masih Banyak Warga Yang Belum Punya RTLH

0

Rasidin,S.Pd.,S.IP

Merauke, PSP – Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kabupaten Boven Digoel Rasidin, S.Pd.,S.IP menyebutkan saat ini masih banyak warga di sana yang belum memiliki Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH).

Disebutkan, menurut data RTLH sesuai data penduduk per 31 Desember 2022 yang tidak memiliki rumah layak huni ada sekitar 4.700 an dari 19.000 KK yang tercatat. Sedangkan yang sama sekali tidak memiliki rumah ada sekitar 1012 KK.

“Artinya mereka tinggal masih bergabung dengan orang tua kalau disebut masih ada warga yang tinggal di bevak tidak ya,” ujar Rasidin kepada wartawan di Swiss – Bell Hotel, Kamis (10/8).

Dikatakan, pembangunan perumahan untuk pemenuhan RTLH bagi warga yang selain bersumber dari dana otsus ada pula bangunan rumah yang bersumber dari dana kampung.

Berbicara di perbatasan, kata Rasidin tahun 2022 dinas Perkim membangun setidaknya 5 unit di Distrik Ninati dan 8 unit di Waropko.

“Kalau tahun ini belum ada di bangun. Untuk lahannya di Distrik Ninati kampung Yetetkun pemerintah kampung dengan warga nya sudah menghibahkan tanahnya seluas 25 hektar untuk pembangunan rumah layak huni,” kata dia.

Pembangunan RTLH di lahan tersebut akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat guna pembangunannya.

“Ya nanti direncanakan kalau bisa dana nya bersumber dari APBN yakni BNPP atau PUPR. Nanti dilihat peruntukannya karena masyarakat di kampung itu juga masih membutuhkan rumah layak huni,” pungkas Rasidin. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *