22 Februari 2024

KPP Pratama Merauke Himbau WP Orang Pribadi Segera Validasi NIK menjadi NPWP

0

Kasi Pelayanan KPP Pratama Merauke, Edi Wibowo.

Merauke, PSP – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Merauke mencatat hingga Juni 2023 jumlah Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi yang telah melakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai NPWP mencapai 73,8 persen.

“ Validasi KTP NIK ini sudah 73,8 Persen yang sudah melakukan validasi terdiri dari total itu ada 92.949 NPWP, yang sudah melakukan validasi sudah ada 68.598 NPWP,” kata kasi pelayanan KPP Pratama Merauke, Edi Wibowo saat ditemui di kantornya, Kamis (6/7).

Edi Menjelaskan bahwa validasi NIK sebagai NPWP bagi WP orang pribadi wajib dilakukan. Validasi dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu melakukan secara mandiri maupun datang ke loket pelayanan di kantor KPP Pratama Merauke ataupun melalui layanan Whatsapp (WA).

“ Wajib, apapun caranya, bisa pakai akun DJPonline masing, bisa waktu melakukan pelayanan di depan (loket) kita arahkan untuk validasi ataupun yang melakukan pertanyaan melalui saluran Whatsapp ataupun yang aktif dari masing-masing AR-nya,” jelasnya.

Sampai dengan akhir tahun ini WA Orang Pribadi masih menggunakan NPWP yang lamanya, artinya nanti saat masuk ke akun DJPOnlinenya kalau yang sudah validasi, usernya pakai nomor KTP-nya atau NIK. Sedangkan untuk awal tahun depan nanti sudah pakai NPWP 16 digit yang artinya untuk WP Orang Pribadi itu harus pakai nomor KTP atau NIK.

Untuk itu dirinya mengajak kepada WP Orang Pribadi untuk segera melakukan validasi data melalui layanan-layanan yang sudah disediakan.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *