27 Juli 2024

Cegah Masuknya Penyakit Wabah yang Menyerang Ternak Perlu Andil Masyarakat

0

Kepala karantina Pertanian Merauke, Cahyono.

Merauke, PSP – Di beberapa wilayah di Indonesia akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan kejadian penyakit yang merebak menyerang hewan dan tumbuhan.

Sementara untuk di wilayah Papua terkhusus di Papua Selatan masih terbebas dari berbagai penyakit yang menyerang hewan maupun tumbuhan seperti penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), African Swine Fever hingga penyakit Rabies.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi masuknya penyakit-penyakit tersebut perlu antisipasi di jalur lalu lintas pemasukan yang menjadi resiko masuknya penyakit masuk Merauke.

Kepala Karantina Pertanian Merauke, Cahyono menyebutkan maraknya wabah penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan banyak merugikan terhadap pemilik ternak.

“ Semua penyakit tersebut menimbulkan kerugian yang luar biasa pada negara kita, African Swine Fever menimbulkan kerugian sekitar Rp. 7,6 Triliun mulai dari tahun 2019, kemudian PMK menimbulkan kerugian Rp. 10 Triliun setiap tahunnya, tetapi provinsi Papua Selatan ini masih bebas akan penyakit-penyakit tersebut.

Untuk itu pihaknya mencoba untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat didalam pencegahan penyakit yang ada di Papua Selatan ini.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *