Disperindagkop Berikan Pendampingan Terhadap UMKM yang Ada

0

Kepala Dinas Perindagkop, Erik Rumlus

Merauke, PSP – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) kabupaten Merauke mencatat di kabupaten Merauke jumlah Usaha Kecil Mikro, Menengah (UMKM) yang terdaftar sekitar 3.600 lebih.

“ UMKM di kita itu ada 3.600 sekian, jumlah ini kami sudah hitung termasuk teman-teman yang punya kios, kalau kelihatan besar sekali 3.000 UMKM tapi kan ada dia punya klasifikasi, setiap tahunnya bertambah,” kata Kepala Disperindagkop Merauke, Eric Rumlus kepada media ini belum lama ini.

 Untuk itu pihaknya memfasilitasi UMKM tersebut dalam hal pendampingan baik dari sisi produk, label hingga pemasarannya.

“ Itu yang nanti kita harus fasilitasi, dalam bentuk pendampingan, pemasaran, sekarang mau pasarkan hasil-hasil produk ini, okelah kalau yang besar-besar mungkin bisa mereka bisa pasarkan tapi yang kecil-kecil ini seperti mama-mama Papua kita harus dampingi dorang. Termasuk misalnya pendampingan mendapatkan label halal itu dari kita,” jelasnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa pihaknya tidak membantu dalam permodalan, melainkan memberikan pendampingan terhadap UMKM misalnya dalam mendapatkan permodalan melalui perbankan.

“ Artinya kita bukan bantu dari sisi permodalan, tapi bagaimana kita mengedukasi mereka misalnya seperti mau pinjam ke Bank harus siapkan ini-ini itu dari kita, kita harus siapkan dia punya betul-betul produk yang bisa dinilai meskipun industri rumahan tapi bisa,” jelasnya.

Dengan pendampingan yang dilakukan terhadap UMKM tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas produk UMKM tersebut untuk memasarkan produknya dan bersaing hingga ke pasar Nasional.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *