8 Desember 2023

Curah Hujan Tinggi Berdampak Positif Bagi Populasi Satwa di BTNW

0

Yarman Kadir

Merauke , PSP – Curah hujan di Kabupaten Merauke dua tahun terakhir cukup tinggi. Hal ini membawa dampak positif terhadap populasi satwa liar dilindungi di dalam kawasan Taman Nasional Wasur (BTNW) yang jumlahnya masih tergolong stabil bahkan ada  jumlahnya yang bertambah.

Kepala Balai Taman Nasional Wasur,  Yarman Kadir mengatakan dari hasil monitoring di lapangan satwa seperti walabi, rusa, burung cenderawasih dan burung migran juga lebih banyak terlihat di  lokasi yang menjadi habitatnya beberapa tahun terakhir ini. Dari hasil monitoring yang rutin dilakukan setiap tahun, dua tahun terakhir satwa lebih banyak tampak di dalam kawasannTNW.

“Dua tahun terakhir ini, saat kita monitoring untuk menginventarisir,  sudah lebih sering melihat satwa-satwa ini, dibanding beberapa tahun sebelumnya,” terang  Yarman di kantornya, kemarin.

Yarman menyebut, peningkatan jumlah itu dipengaruhi beberapa faktor mulai dari curah  hujan tinggi, kebakaran lahan yang menurun  hingga aktifitas berburu yang menurun. Dampak hujan tersebut cukup mempengaruhi aktifitas berburu. Lalu,  masyarakat yang ada di dalam kawasan saat ini juga lebih banyak mengambil hasil alam dengan mencari ikan gastor sebagai pemenuhan kebutuhan ekonomi, dibanding berburu.

“Wawasan masyarakat sudah bagus untuk pemanfaatan satwa, makanya mereka lebih memilih cari ikan,” ucapnya. Dia menambahkan dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan kembali turun ke lapangan guna melakukan monitoring.”Kita tinggal tunggu saja, kalau curah hujan ini mulai kurang, kita akan turun lagi,” pungkasnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *