24 Juni 2024

Ratusan Remaja Merauke Ikut Seleksi Bergabung di PFA

0

Direktur Papua Football Academy (PFA), Wolfgang. Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Sejak dibuka pendaftaran  untuk bergabung dengan Papua Football Academy (PFA)  tercatat 320 remaja di Kabupaten Merauke. Pendaftraran itu  sendiri berlangsung  di Stadion Universitas Musamus (Unmus) sejak 23 hingga 25 Mei 2023.

Direktur Academy Papua Football Academy (FPA), Wolfgang  Pikal  mengatakan dari  jumah itu, remaja   kelahiran 2010 yang mendaftar ada 150 anak, sisanya kelahiran 2011, 2012 dan tahun 2013. Anak yang mengikuti diseleksi adalah mereka yang lahi di tahun 2010. Sisanya, tetap dilibatkan dan diberi hadiah berupa bola dan kaos guna memberi semangat dan  motivasi.  Tercatat 14 orang yang terseleksi, namun prosesnya masih panjang lagi.

“Untuk kuota nanti bisa saja  3 atau enam orang, nanti kita lihat,” terang Wolfgan, di Unmus, kemarin.

Wolfgang mengatakan antusias anak-anak Merauke untuk sepak bola sangat tinggi.  Hal ini dilihat dari jumlah yang mendaftar. Meski pembinaan untuk anak-anak  usia 8 hingga 10 tahun masih kurang, tapi tetap ada yang berbakat.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus,  akan mengemban pendidikan di FPA selama dua tahun di Mimika.” Setelah itu, mereka siap bergabung dengan EPA(Elite Pro Academy) dari klub Liga 1,” tuturnya.

Penididikan  sepak bola menjadi hal utama di sana, namun tidak meninggalkan Pendidikan formal. Mereka akan bersekolah formal di yang sudah disiapkan oleh PFA. Sebab di sana ada tiga pilar, yang pertama sepak bola,  akademik sekolah hingga lif style skill. Kemudian, bagaimana cara berkomunikasi , pola hidup sehat, disiplin,  tepat waktu dan menghormati orang lain. “Ini sangat penting untuk anak-anak,” pungkasnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *