27 Juli 2024

Pemda Mappi Bersama Kemenpan-RB Melakukan Survey Kepuasan Masyarakat Layanan Publik

0

Mappi, PSP – Analis Kebijakan Pelayanan Publik Kemenpan RB Republik Indonesia, Junaedi Sinaga mengunjungi Kabupaten Mappi. Kunjungan tersebut dapat rangka fasilitasi pelaksanaan survei kepuasan masayarakat (SKM).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo, Rabu 24/5/2023) secara resmi dibuka oleh, Plh Sekda Kabupaten Mappi Pelipus Umbu Sogara dan diikuti oleh perwakilan 2 orang dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Mappi.

Kepala Bagian (Kabag) Ortal Setda Kabupaten Mappi, Andi Baso menjelaskan kegiatan fasilitasi pelaksanaan survei kepuasan masyarakat bertujuan untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh masing OPD selaku unit pelayanan publik di kabupaten Mappi . Dengan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat melalui metode dan responden yang tepat akan diperoleh data yang akurat sehingga nantinya akan diperoleh rekomendasi perbaikan pelayanan publik yang tepat di kabupaten Mappi.

Ia menuturkan, kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan masing -masing OPD di lingkup Pemkab yang berjualan dua orang setiap OPD. Dan kegiatan tersebut selama dua hari yakni tanggal 24 – 25 Mei 2022.

“Kita sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini dan berharap setelah kegiatan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,”ungkapnya.

Andi menerangkan bahkan, Tim dari kemenpan RB mengapresiasi kegiatan ini, terutama karena dilakukan untuk seluruh OPD. Dimana biasanya kegiatan seperti ini hanya dilakukan untuk beberaoa OPD saja sebagai sampel.

Dikatakan Andi, Kegiatan ini akan menghasilkan indeks kepuasan masyarakat kabupaten Mappi yang tentu akan berkontribusi terhadap indeks kepuasan masyarakat nasional.

Andi menegaskan, pelaksanaan SKM diharapkan memiliki dampak terhadap layanan publik di Kabupaten Mappi sesuai dengan semangat reformasi birokrasi.

Bahkan Kegiatan SKM ini berlanjut beberapa tahapan sampai dengan adanya laporan SKM pada bulan Juli nanti.

Dikesempatan berbeda Pj. Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Publik dilaksanakan oleh Pemda Mappi dengan dukungan Tim dari Kemenpan RB RI, sehingga hasilnya akan menjadi dasar evaluasi layanan publik baik urusan wajib dan urusan pilihan sehingga akan menjadi catatan rekomendasi atas indeks kepuasan layanan dan menjadi perbaikan layanan publik di Pemda Mappi.

Dikatakan Michael Gomar tahapan perbaikan dan pembenahan Reformasi Birokrasi di Pemda Mappi sementara melalui Survey Kepuasan Masyarakat sudah dilaksanakan. “Dan selanjutnya kita akan melakukan evaluasi Kinerja dan Seleksi Terbuka Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupatem Mappi,”  tegas Pj. Bupati Mappi. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *