13 April 2024

KPP Pratama Merauke Sosialisasi Validasi NIK menjadi NPWP di Kab. Mappi

0

Mappi, PSP – Bertempat di gedung olahraga kepi Tim Pelayanan Pajak Pratama Merauke menggelar kegiatan Sosialisasi Validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Kegiatan sosialisasi tersebut yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2023, dibuka oleh Sekda Mappi Ferdinandus Kainakaimu, S.Pd, M.Sc dan dihadiri oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kasubbag Keuangan, Bendahara dan para instansi lainnya.

Sebelum membuka kegiatan Sosialisasi tersebut, Sekda Mappi Ferdinandus Kainakaimu, S.Pd, M.Sc melakukan absensi terlebih dahulu kepada seluruh Kepala Dinas, Kasubbag Keuangan dan Bendahara di masing-masing OPD, dan terutama OPD terkait. Absensi tersebut dilakukan untuk memastikan beberapa banyak OPD termasuk kepala-kepala distrik yang hadir saat ini untuk mengikuti kegiatan sosialisasi yang sangat penting.

“Disampaikan salamat datang dan terima kepada tim pelayanan pajak pratama merauke yang sudah hadir untuk memberikan sosialisasi ini, tentu kegiatan sosialisasi ini sangat penting dan bermanfaat, sehingga atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih. Khusus kepada beberapa OPD terkait diharapkan dapat menyimak dan mengikuti kegiatan sosialisasi ini sampai selesai,” ujar Sekda Mappi belum lama ini.

Selanjutnya, Kasie Pengawasan Pelayanan Pajak Pratama Merauke Fachrul Rozi, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, karena dengan kegiatan sosialisasi ini kita dapat berkumpul kembali bersama  para pimpinan OPD ditempat ini. Validasi NIK menjadi NPWP ini sesuai amanat undang-undang cipta kerja yang diperbarui oleh undang-undang pelayanan perpajakan nomor 112 tahun 2022.

“Proses ini dilakukan untuk mempermudah administrasi tersebut, jadi kedepannya cukup dengan proses ini bisa dilakukan untuk sebagai macam kebutuhan baik kesehatan, pendidikan dan lainnya. Kami dari perpajakan akan menggunakan NIK sebagai NPWP, sehingga dalam sosialisasi ini kami akan menjelaskan secara terperinci,” ucapan. Untuk laporan tahunan perpajakan, kata Fachrul, kedepannya akan lebih tertib sehingga pihak pelayanan pajak pratama mengundang para  bendahara untuk hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Kemudian terkait dengan hubungan kerja antara pemda merauke dan pemda mappi untuk melakukan kewajiban pajak, sehingga pemetaan dan kemajuan daerah dapat berkembang pesat secara keseluruhan melalui kewajiban pajak. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *