19 April 2024

Disnakertrans Berikan Pelatihan Bagi Calon Pekerja

0

Keliopas Ndiken

Merauke, PSP – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Merauke,Keliopas Ndiken mengatakan bahwa hingga saat ini penyerapan tenaga kerja di kabupaten Merauke bisa dibilang masih rendah.

“ Lowongan perkejaan untuk sampai sekarang kita di Merauke dari beberapa perusahaan itu belum, biasanya dilakukan pada saat awal tahun,” kata Keliopas saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Dirinya mengatakan bahwa biasanya pihaknya akan mengunjungi perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah Merauke untuk menanyakan kebutuhan tenaga kerja perusahaan.

“ Nanti biasanya pada saat akhir sebelum menjelang hari raya kita ada namanya monitorin tunjangan hari raya, itu kita akan ke beberapa perusahaan besar untuk sekaligus meminta data lowongan yang ada di perusahaan itu,” katanya.

Dari situ nantinya pihaknya akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualitas yang dibutuhkan perusahaan.

Untuk meningkatkan kualitas SDM-nya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Merauke akan memberikan pelatihan dan juga akan mengirimkan calon pekerja ke perusahaan-perusahaan di luar Merauke untuk melakukan magang. Sehingga nantinya diharapkan selesai melakukan pelatihan di perusahaan-perusahaan tersebut calon pekerja bisa memenuhi kualifikasi calon pekerja di perusahaan yang ada di Merauke.

“ Apabila secara speknya jabatan itu bisa untuk kita siapkan SDM-nya maka itu biasa kita lakukan magangkan ke luar Merauke sehingga mereka sudah siap lalu balik dan itu yang kita salurkan ke perusahaan,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *