25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Ketersediaan Daging Ayam Lokal Terbatas

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Retno P. H, M. Ec. Dev

Merauke, PSP –  Pemotongan daging sapi  terus meningkat di Pelan Olahraga Nasional (PON) XX. Terlepas dari pemotongan daging sapi, Dinas peternakan dan kesehatan hewan melalui bidang kesehatan hewan juga melakukan pemeriksaan kelayakan daging ayam yang didatangkan dari luar papua, untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan drh. Retno P. H, M. Ec. Dev menyampaikan,  ketersediaan daging sapi  sangat terpenuhi, dan untuk ketersediaan daging ayam di kabupaten merauke masih sangat kurang, sehingga pada event nasional PON XX, daging ayam didatangkan dari luar papua. Namun pihaknya tetap melakukan pemeriksaan daging ayam terlebih dahulu untuk memastikan apakah daging ayam layak di konsumsi atau tidak.

“Sebelum PON XX kami telah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan mengambil sampel daging ayam, dan melakukan  pengontrolan terlebih dahulu di beberapa peternak ayam lokal dan produk ayam yang didatangkan dari luar papua,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (8/10/21).

Dia menambahkan, dalam proses pemotongan daging sapi dan pemasokan daging ayam, kami menerapkan beberapa syarat administrasi yang harus dilengkapi, karena dalam proses pemotongan daging sapi dan pemasokan daging ayam harus betul-betul di uji kelayakan serta dilengkapi dengan persyaratan yang telah dibuat oleh dinas.

“Di ajang PON XX ini memang permintaan daging ayam sangat meningkat, sehingga upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pokok harus didatangkan dari luar papua, namun untuk proses pemasokannya kami tetap melakukan pengontrolan,” ucapnya.

Harapannya, agar kedepannya jelang event nasional yang berskala besar, semua pihak yang nantinya terlibat dalam event nasional dapat mengkoordinasikan dengan baik dan mempersiapkan produk-produknya dari jauh hari, karena jangan sampai terjadi hal-hal yang seperti saat ini terjadi, yakni ketidak pastian dalam melakukan transaksi. [CR1-NAL]

error: Content is protected !!