29 Maret 2024

UNMUS Berikan Pelatihan Tanaman Hidroponik Bagi Kelompok Komunitas Perempuan Kreatif

0

Dosen UNMUS foto bersama Kelompok Komunitas Perempuan Kreatif. Foto: PSP/CR1

Merauke, PSP – Tim Dosen dan Mahasiswa Universitas Musamus (Unmus) Merauke melakukan kegiatan pelatihan berkebun sayuran hidroponik kepada kelompok mama-mama papua yang tergabung dalam komunitas perempuan kreatif diwilayah RT 05, kelurahan kamundu, kabupaten merauke. Kegiatan yang dilakukan merupakan rangkaian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) 2021 Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kepada mama – mama papua.

Ketua Tim PPM 2021 Nurhaya J.  Panga yang ditemui di sela pelatihan mengatakan, pihaknya tidak hanya melakukan pelatihan berkebun sayuran hidroponik saja, tetapi juga akan ikut melakukan pendampingan dari awal hingga nantinya dipanen sayuran yang dihasilkan oleh mama-mama papua dalam kelompok komunitas perempuan kreatif.

“Harapan kami, nantinya para mama – mama papua yang tergabung dalam komunitas perempuan kreatif ini mampu melakukan seluruh kegiatan budidaya mulai dari penyemaian hingga pemasaran secara mandiri, sehingga usaha kebun hidroponik ini dapat mereka kelola sendiri secara berkelanjutan,” ujarnya Nurhaya usai diwawancara, Senin (6/9/21).

Anggota Tim Pengabdian Nina Maksimiliana Ginting menjelaskan bahwa dalam program yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut, masyarakat juga difasilitasi pembangunan rumah hidroponik beserta instalasinya, dengan kapasitas mencapai 1000 lubang tanam yang dapat diperluas jika dibutuhkan.

“Kami berharap masyarakat benar-benar memanfaatkan program ini sebaik-baiknya, karena program ini bisa dibilang lengkap, baik dari sisi kebutuhan fisik rumah hidroponik, instalasi, pelatihan budidaya, pendampingan selama pemeliharaan, hingga pemasarannya nanti,” ujarnya Nina yang juga merupakan Dosen Jurusan Agribisnis Unmus.

Lebih lanjut, lulusan Program Magister Universitas Sumatera Utara ini mengatakan, dalam program ini, pihaknya sengaja memilih komoditi sayuran Selada yang bernilai ekonomi tinggi, agar nantinya masyarakat benar-benar dapat merasakan manfaatnya secara ekonomi, dan secara ekonomi memang menguntungkan, namun masyarakat tetap optimistis dan akan termotivasi untuk melaksanakan usaha ini secara berkelanjutan.

Sementara, Ketua Komunitas Perempuan Kreatif Agustina mengaku sangat gembira dengan hadirnya program ini di lingkungan mereka,”Tadinya saya pikir cuma menanam biasa saja, tapi ini ternyata kita dibuatkan tempat, disediakan alat-alat juga, diajarkan juga, tidak menyangka bagus begini,” ucapnya Agustina.

Mama-mama papua yang tergabung dalam komunitas perempuan kreatif juga berharap Tim Dosen dan Mahasiswa Unmus agar  dapat terus mendampingi mereka hingga nantinya mereka dapat melakukan penanaman dan pemeliharaan secara sendiri.

Selain, pelatihan hidroponik, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyuluhan dengan tema “Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga,” yang menghadirkan Dosen Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Unmus Pulung Riyanto.

[CR1-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *