8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Keuskupan Agung Merauke Dukung Kebijakan Pemerintah dalam Penanggulangan Covid-19

Ilustrasi

Merauke, PSP – Keuskupan Agung Merauke sangat mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19, baik secara nasional maupun secara daerah provinsi papua dan kabupaten.

Vikjen Keuskupan Agung Merauke, P. Hendrikus Kariwop menyampaikan, pada rapat besama tokoh – tokoh agama pada  12 Juli 2021, pihak pemerintah berharap kepada tokoh – tokoh agama untuk ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan vaksinasi kepada umat, dan dengan edaran bupati merauke yang dikeluarkan pada tanggal 13 Juli 2021, intruksi baik untuk bidang keamanan, bidang sosialisasi kemasyarakatan dan bidang pemerintahan, tentu kebijakan bupati sangat membantu.

P. Hendrikus Kariwop menyampaikan, Keuskupan Agung Merauke dalam berpartisipasi bersama dengan pemerintah dengan mengeluarkan surat intruksi Keuskupan pada 14 Juli 2021, yang ditujukan kepada para vikep, pastor paroki, pastor, biarawan, biarawati dan umat untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan vaksinasi bagi umat.

Ditambahkan P. Hendrikus Kariwop, Keuskupan  berharap agar masyarakat untuk sementar beribadah di tempat ibadah. Hal ini menjadi kesepakatan bersama, untuk semua aktivitas peribadatan dilakukan di rumah dan menggunakan media akan jauh lebih baik.

“Dalam hal ini kami menyampaikan, serangkaian aktivitas misa digereja – gereja pada hari minggu ditiadakan termasuk penerimaan sakramen babtis, sakramen ekaristi dan sakramen krisma, untuk hari minggu misa di gereja – gereja akan dilakukan secara live streaming lewat media. Kami juga minta kepada pastor – pastor agar tidak memberikan pelayanan pengakuan dosa dan minyak suci karena itu bersentuan langsung,” ungkap P. Hendrikus Kariwop saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/7/2021).

P. Hendrikus Kariwop menghimbau, kepada pastor – pastor paroki dan umat, bahwa sebagai warga negara yang mempunyai pimpinan, maka jika pemerintah daerah mengintruksikan kebijakan, maka sebagai warga masyarakat wajib mengikuti bersama, karena hal ini menyangkut kepentingan umum.

Sementara itu, Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi juga mengatakan, semua pastor kita menunggu. “ Sebagai warga negara, kalau ada intruksi dari pemerintah setempat ikutilah, bahkan kita harus berikan dukungan penuh, karena  ini mengenai kepentingan bersama,” pungkasnya. [CR1-NAL]

error: Content is protected !!