13 April 2024

Cegah Penyebaran Covid-19, Keluarga Kodim 1707/MRK Ikuti Aturan Pemerintah

0

Letkol Inf Eka G Chandra,S.IP

Merauke, PSP – Pembatasan prajurit maupun keluarga di Kodim 1707/Merauke, dilakukan dengan menyesuaikan dengan apa yang diberlakukan oleh Pemda Merauke. Pasalnya, sudah ada beberapa anggota TNI yang terpapar dengan covid-19 dan sedang dalam pengobatan saat ini.

Komandan Kodim 1707/MRK, Letkol Inf Eka G Chandra,S.IP, mengemukakan hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan  penyebaran covid-19 di lingkungan Kodim 1707/MRK.  Dengan demikian, anggota maupun keluarga, terhindar dari virus tersebut.  Secara internal, pihaknya sudah menerapkan protokol covid-19. Setiap anggota maupun tamu yang masuk ke kesatriaan (mako), wajib mencuci tangan dan mengukur suhu badan.

“Kita juga tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Kita tetap menjaga keluarga maupun anggota,” terang Dandim di Bandara Mopah, kemarin.

Dalam menjalankan tugas, pihaknya juga menerapkan jaga jarak dan selalu memakai masker. Bagi anggota yang baru datang dari luar Merauke, tidak langsung diijinkan untuk masuk kantor. Namun, harus isolasi terlebih dahulu, sesuai dengan anjuran pemerintah. Setelah mengikuti rapid test sebanyak dua kali dengan tenggang waktu yang sudah ditentukan dan hasilnya negatif (non reaktif), baru diijinkan untuk berdinas. Sebaliknya, jika hasil rapid testnya menyatakan posited (reaktif), langsung diarahkan ke RSUD untuk melakukan SWAB. Bila hasil SWAB postif, dilanjutkan dengan penanganan medis.

“Disana, kita juga  turut membantu Dinas Kesehatan  untuk melakukan stressing, kepada siapa saja dia kontak langsung. Sehingga, upaya pencegahan bisa segera dilakukan,” katanya. Dandim menambahkan, pihaknya juga terlibat untuk Satgas Pengawasan Covid-19 di Merauke, secara langsung. Dalam hal ini,  untuk menertibkan masyarakat agar  mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *