27 Juli 2024

Kesbangpol Akomodir Seluruh Hak Politik Masyarakat

0

Rama Dayanto

Merauke, PSP – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Merauke akan mengakomodir seluruh hak politik masyarakat. Tak terkecuali adanya aspirasi masyarakat yang menginginkan calon bupati Merauke harus orang asli Marind.

Kepala Badan Kesbangpol Merauke, Rama Dayanto menegaskan akan menerima segala aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. Setelah itu pihaknya akan menyampaikan kepada jajaran diatasnya baik eksekutif maupun legislative.

Dalam rapat bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan beberapa tokoh lainnya di Kantor Kesbangpol pada Selasa (21/7/2020) lalu, beberapa tokoh dan masyarat meminta bahwa calon Bupati Merauke OAP Marid.

“Mereka menginginkan untuk Bupati berikutnya adalah anak Marind, sedangkan wakilnya bisa untuk etnis nusantara lainnya. Kita akan meneruskan aspirasi itu ke lembaga yang lebih tinggi, baik kepada bupati dan DPR untuk ditindak lanjuti,” ungkap Rama kepada Papua Selatan Pos, Kamis (23/7/2020).

Menurut Rama, partai sebagai mesin politik dalam pilkada tahun ini, seyogianya harus mengakomodir aspirasi masyarakat dengan memberikan perahu kepada calon bupati asli Marid.

“Yang terpenting adalah bagaimana parpol selaku bagian politik dengan mesin politiknya bisa bermain dan melakukan kegiatan politik kepada masyarakat asli Papua,” ungkapnya.

Sebagai lembaga resmi yang membina seluruh partai politik, ia berharap masyarakat tidak menilai bahwa Kesbangpol merupakan bagian yang ikut bermain bersama partai politik. “Kita mau bilang nanti jangan sampai ada yang mengatakan bahwa Kesbang yang memainkan. Kami cuma meneruskan dan memfasilitasi hak politik semua anak bangsa sebagaimana dilindungi negara,” pungkasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *