26 Juli 2024

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak

0

Anisia Aja, S.Pd.SD

OLEH : ANISIA AJA, S.Pd.SD

(Guru SD Inpres Mopah Baru)

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting di dunia ini, sebab dalam membangun bangsa membutuhkan orang-orang yang berkompeten yakni orang berpendidikan yang mempunyai keahlian tertentu agar bisa membentuk dan membangun bangsa yang maju.

Namun selain itu karakter juga sangat dibutuhkan bahkan memiliki keistimewaan tersendiri sebab pada zaman sekarang ini dimana sebagian orang tidak hanya melihat oleh betapa tinggi pendidikannya ataupun gelar yang sudah diraihnya, melainkan terhadap karakter atau kepribadian yang dimilikinya oleh setiap orang.

Selain itu proses pendidikan yang berlangsung di sekolah masih kerapkali banyak yang hanya lebih mengutamakan atau mementingkan aspek kognitifnya daripada psikomotoriknya, dan juga masih sangat banyak sekali sejumlah guru hampir di setiap sekolah yang hanya asal-asalan dalam mengajar agar mereka terlihat telah memenuhi tugasnya sebagai guru atau dijadikan sebagai formalitas saja, tanpa memberikan atau memperkenalkan dan mengajar muridnya mengenai bagaimana berbagai etika yang baik yang harus ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 Selain itu keluarga juga mempunyai peran penting dalam pendidikan karakter anak. Apabila anak sudah dibiasakan dalam keluarga dengan karakter kepribadian yang baik maka selanjutnya akan terbawa terus sampai di lingkungan sekolah hal-hal baik yang dibawa anak dari rumah.

Maka dalam hal ini pendidikan karakter merupakan bagian atau pendidikan yang sangat  dibutuhkan oleh seorang anak agar dapat membentuk pribadi yang beradap dan berbudi pekerti baik serta kedepannya dapat menyongsong masa depan yang lebih baik, bukan suatu kehidupan yang justru akan dipenuhi dengan berbagai perilaku tidak beradab.

Maka pendidikan karakter perlu ditanamkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sedini mungkin, seperti diantaranya menanamkan kejujuran, dan kedisiplinan. Dalam kehidupan yang baik kejujuran merupakan suatu hal yang paling utama yang harus ditanamkan kepada diri kita ataupun untuk anak – anak penerus bangsa sebab kejujuran ialah merupakan suatu benteng dari semuanya.

Semoga saja dengan diterapkannnya berbagai pendidikan salah satunya pendidikan karakter di sekolah dapat membentuk semua potensi terhadap kecerdasan anak –anak yang nantinya akan dilandasi oleh karakter – karakter yang bisa mengantarkan mereka menjadi orang – orang yang sangat diharapkan dan layak menjadi sebagai penerus bangsa.[***]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *