21 April 2024

145 Kepala Keluarga di Kuprik Akan Terima BLT

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – Sebanyak 145 kepala keluarga kurang mampu di Kampung Kuprik, Distrik Semangga akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di masa pendemi Covid-19 ini. 145 kepala keluarga ini adalah mereka yang sudah memenuhi kriteria sebagai warga miskin yang terdata di Kampung Kuprik. 

Kepala Kampung Kuprik, Iriyanto Ramlan mengatakan bahwa BLT yang akan diberikan ini diambil dari Dana Desa (DD) Tahun 2020 sebesar Rp 30 persen atau berjumlah sekitar Rp 260 juta lebih. Sementara untuk setiap kepala keluarga akan menerima BLT sebesar Rp 600 ribu. Hal ini sudah ditetapkan dalam pertemuan antara pemerintah kampung, bamuskam, para ketua RT/RW, linmas, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Sesuai dengan petunjuk dari pusat bahwa Dana Desa untuk Kampung Kuprik akan dipotong 30 persen untuk  BLT. Jadi kami telah mengimbau kepada seluruh ketua RT yang ada untuk mendata warganya masuk dalam kriteria orang miskin untuk menerima BLT,” kata Iriyanto saat ditemui Papua Selatan Pos di kediamannya, Jumat (8/5).  

Untuk sementara pihaknya masih melakukan penyusunan untuk APBK dan RKPK untuk Rencananya bantuan tersebut akan segera disalurkan sebelum Perayaan Idul Fitri 2020. Seluruh berita juga telah disiapkan.

“Jadi ada 14 kriteria yang menjadi acuan untuk menerima BLT. Ada juga beberapa kriteria yang tidak boleh terima yaotu TNI-Polri, PNS, aparat kampung, karyawan BUMN dan penerima pensiun,” kata Iriyanto.

Diakuinya dengan adanya pendemi Covid-19 ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat di Kampung Kuprik. Penghasilaan masyarakat kini mengalami penurunan.“Jadi yang paling terasa itu yang punya usaha dan ini seluruh dunia mendapat imbasnya,” kata Iriyanto. [JAK-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *