24 Juni 2024

Dimasa Pandemi Covid-19, PTSP Tetap Buka Pelayanan

0

Ir Justina E. Sianturi M.Si

Merauke, PSP – Dalam masa pandemi covid-19, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) tetap membuka pelayanan perizinan. Pelayanan dilakukan dengan berbagai cara baik melalui aplikasi, via telfon, whatsapp, maupun langsung tatap muka.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Merauke, Ir Justina E. Sianturi M.Si mengatakan untuk pelayanan tatap muka langsung di kantor, DPMPTSP membuka pelayanan sampai jam 13:30 wit. Kemudian, seluruh pelayanan menerapkan protokoler pencegahan covid-19.

“Terkait dengan beberapa yang membutuhkan face to face kita juga tetap melakukan.  Namun, menyesuaikan kondisi sekarang, yaitu menjaga jarak, wajib masker, cuci tangan, yang kami sediakan semua fasilitasnya di kantor. Kemudian, kami lakukan piket kantor dan jam kantor untuk full yaitu hanya dari jam 9 sampai jam setengah 2 siang,” ungkap Justina dikantor Bapeda Merauke, Rabu (6/5/2020).

Menurut Justina, pandemi covid-19 saat ini sangat berdampak pada jumlah pengusaha atau masyarakat yang melakukan perizinan, sehingga jumlah pemasukan relatif berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ia menyatakan misalnya dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sekalipun tidak menjadi taerget namun saat ini terjadi penurunan.

“Kalau dari sisi pendapatan sampai dengan bulan Mei ini sudah sekitar 1 milyar lebih. Biasanya dengan kondisi normal, kami setiap tahun memperoleh sekitar 3,5 milyar. Namun, kalau di PTSP itu tidak mengenal istilah target, karena itu kan berdasarkan permintaan pemohon. Jadi kewajiban kita sebenarnya hanya untuk pelayanan, tapi ada juga pendapatan daerah didalamnya,” ujarnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *