21 April 2024

BMKG : Merauke akan memasuki musim kemarau

0

Yunita, STr

Merauke, PSP – Kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Merauke diperkirakan akan berubah dalam bulan Mei 2020 tepatnya pada dasarian kedua. Diperkirakan cuaca dari hujan sedang akan masuk pada musim kemarau.

“Saat ini Merauke memasuki musim atau masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Dan diperkirakan musim kemarau ini akan mulai pada dasarian kedua bulan ini,” ujar Prakirawan Cuaca Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Merauke Yunita dari balik selulernya tadi malam.

Dikatakan, memang beberapa hari terakhir ini Merauke sering diguyur hujan ringan sampai dengan sedang. Dan beberapa hari kedepan khususnya besok Rabu (6/5) kemungkinan di wilayah Merauke umumnya sudah akan akan didominasi dengan kondisi cuaca berawan walaupun masih ada kemungkinan potensi hujan.

“Untuk lusa nya dan beberapa hari kedepan cenderung lebih berawan atau cerah berawan,” katanya.

Dikatakan, wilayah Merauke dalam beberapa hari ini hujan dikarenakan faktor gangguan secara regional seperti adanya tekanan udara rendah diwilayah Papua bagian selatan khususnya diwilayah laut Arafuru di bagian timur. “Yang menyebabkan adanya hujan sedang dibeberapa wilayah Kabupaten Merauke,” kata Yunita.

Dimusim peralihan ini, kata Yunita atmosfer cukup labil. Patut diwaspadai untuk musim pancaroba karena cuaca kumungkinan tidak mudah untuk diprediksi. “Kami himbau kepada masyarakat memasuki musim kemarau selalu menyiapkan diri. Seperti lebih bijak menggunakan air, menjaga lingkungan sekitar dengan tidak melakukan illegal logging dan kebakaran hutan yang sering terjadi di musim kemarau. Kita harapkan tidak terjadi ditahun ini,” pungkas Yunita. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *