24 Juni 2024

Kini Bongkar Muat di Pelabuhan Hanya 200 hingga 300 Kontener

0

Suasana Aktivitas di Pelabuhan Merauke.Foto: PSP/ERS

Merauke, PSP-Ditengah wabah Virus Corona dan menjelang ibadah puasa Ramadan tahun ini, tren arus bongkar muat kontener di Pelabuhan Merauke rata-rata 200 hingga 300 kontener. Dalam pembongkaran, waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 3 hari. Tren arus bongkar muat kontener ini dinilai menurun akibat Covid-19.

“Rata-rata kapal bongkar biasa ada yang 400 sampai 500 kontener, sekarang hanya rata- ratanya cuma 200 sampai 300 kontener,” ujar General Manager Pelindo IV Merauke, Yandi Sofyan Hadi kepada Papua Selatan Pos dari balik selulernya, Kamis (23/4).

Akan tetapi, lanjutnya, penurunan bongkar muat kontener ini bukan berdampak pada jumlah kunjungan kapal. Kunjungan kapal memang tetap, tapi jumlah bongkar kontener menurun.  Arus barang yang keluar biasanya banyak. Tetapi sekarang kontener full di dalam dan kelancaran operasional pada prinsipnya tetap dilaksanakan.

“Pengeluaran barang oleh pemilik belum dilakukan, yang membuat kontener berisi penuh.  Belum diketahui penyebabnya. Kami belum menelaah, apakah permintaan konsumen di luar menurun atau memang gudang mereka penuh, belum diketahui,” kata Yandi.

Ditambahkan, tren itu diestimasikan menurun hingga 10 persen dibanding tahun lalu.  “Dibulan ini kami belum melihat ada yang bongkar, sampai 600-an. Hanya sekitar 200 sampai 300 kontener,” pungkasnya. [ERS-RH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *