21 April 2024

Pemda Merauke Kirim 70 Ton Beras Untuk Korban Banjir Rob

0

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE, M.Si menyerahkan bantuan beras, mie dan pakaian secara simbolis kepada Kepala Distrik Waan, Efraim Esebius Kaize di Pelabuhan Rakyat Pintu Air, Jumat (3/4/2020).

Merauke, PSP-Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke mengirim bantuan 70 ton beras, 1.100 karton supermi dan pakaian layak pakai sebanyak 6 koli untuk korban banjir rob di Distrik Waan. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE, M.Si kepada Kepala Distrik Waan, Efraim Esebius Kaize di Pelabuhan Rakyat Pintu Air, Jumat (3/4), untuk didistribusikan menggunakan kapal.

 “Sesuai dengan koordinasi dengan distrik dan aparat kampung, maka pemerintah mengirimkan bantuan. Ini sumber dananya dari APBD Kabupaten Merauke untuk diberikan kepada saudara-saudara kita di Distrik Waan, karena banjir rob ini hampir setiap tahun terjadi. Semuanya sudah dimuat dan segera didistribusikan,” kata Bupati kepada wartawan usai menyerahkan bantuan, kemarin.

Dia mengakui bahwa wilayah Distrik Waan memang selalu terjadi banjir rob, air pasang serta musim hujan yang bekepanjangan, sehingga pemerintahan di sana hanya bisa berjalan efektif selama 4 bulan dalam satu tahun. Selain itu Distrik Waan juga merupakan wilayah yang sangat sulit untuk dijangkau.

Menurutnya, untuk penanganan masalah bencana yang hampir terjadi setiap tahun di Distrik Waan, maka perlu dilakukan feasibility study terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa ditentukan apakah masyarakat harus tetap berada di situ atau dipindahkan. Hal ini juga masih pekerjaan rumah yang perlu dipikirkan pemerintah karena membutuhkan biaya yang sangat besar. “Mobilisasi bahan baku dan lain sebagainya membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu adat dan budaya masyarakat setempat kita juga harus ikuti dan hargai. Kalau mereka merasa nyaman seperti itu ya terpaksa kita harus punya perencanaan supaya di tiap tahun itu tidak seperti ini terus,” kata Bupati. [JAK-RH].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *