13 April 2024

Bupati dan Kapolres Pimpin Penyemprotan Disinfektan Serentak Kapolres: Sesuai standar WHO, jangan mengenai manusia

0


Merauke,PSP-Bupati Merauke, Frederikus Gebze,SE,M.Si bersama Kapolres, AKBP Ary Purwanto,S.IK memimpin pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Merauke, Selasa (31/3). Hal itu merupakan penyemprotan secara serentak seluruh Indonesia seusai dengan isi Maklumat Kapolri, yang melibatkan unsur TNI, pemerintah daerah, SKPD maupun pihak lainnya.
Kapolres Merauke mengemukakan, langkah itu sebagai langkah tindaklanjuti Maklumat Kapolri dan Surat Telegram yang ditandatangani Wakapolri Nomor ST/1008/III/KES.7/2020 tertanggal 27 Maret 2020 tentang Penyemprotan Disinfektan secara Massal. Kemudian, gun mendukung keselamatan masyakarat diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus corona (Covid-19).
“Kita berharap dengan upaya ini, penyebaran corona tidak lagi sampai di Merauke,” katanya.
Saat apel di halaman Kantor Bupati, Kapolres juga berpesan kepada ratusan peserta yang terlibat agar mengikuti prosedur penyemprotan disinfektan sesuai standar World Health Organization (WHO). Dimana, penyemprotan tidak boleh mengenai manusia, namun hanya kepada benda mati saja yang sering dipegang oleh manusia.
“Yang sering kita pegang itu kan gagang pintu rumah, lemari, pagar. Ini juga, supaya kita tidak mubasir, sebab saat ini bahan untuk disinfektan sudah mulai langka,” ujar Kapolres.
Di tempat yang sama, Bupati menyebut, sejak 12 Maret 2020 lalu, Pemda Merauke sudah melakukan pencegahan terhadap peredaran virus Covid-19, lewat imbauan maupun penyemprotan di RS, tempat umum, lembaga pendidikan, pemukiman warga bahkan ke daerah perbatasan RI-PNG.
Dalam penyemprotan yang melibatkan 11 kenderaan itu, dengan berbagai titik sasaran, Bupati juga turut menyampaikan himbauan kepada masyarakat lewat toa dari atas mobil dinasnya. Bupati meminta agar masyarakat tidak panik atas virus corona, namun tetap mengikuti anjuran yang sudah dibuat oleh pemerintah, seperti menjauhi tempat keramaian, melakukan social distancing dan menerapkan pola hidup sehat. [FHS-RH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *