27 Juli 2024

Aksi Solidaritas Peduli Covid-19, SMP Yoanes XXIII Bagikan Sembako kepada Warga yang Membutuhkan

1

Kepala SMP YPPK Yoanes XXIII Merauke, Sr. Klarensia Sihombing, KSFL menyerahkan bantuan dari orangtua siswa secara simbolis kepada Ketua YPPK Merauke, Pastor Agustinus Wolomase, Pr. Bantuan tersebut yang akan disalurkan kepada masyarakat. Foto: PSP/JAK

Merauke, PSP-Sekolah Menegah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Yoanes XXIII Merauke menggelar Aksi Solidaritas Peduli Covid-19, Kamis (23/4). Aksi solidaritas ini dilaksanakan dengan pembagian bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan. Sembako dibagikan langsung oleh Kepala SMP YPPK Yoanes XXIII Merauke, Sr. Klarensia Sihombing, KSFL bersama Ketua YPPK Merauke, Pastor Agustinus Wolomase, Pr beserta para guru.    

Kepala SMP YPPK Yoanes XXIII Merauke, Sr. Klarensia Sihombing, KSFL mengatakan bahwa Aksi Solidaritas Peduli Covid-19 ini merupakan program dari YPPK yang dilaksanakan oleh sekolah. Sembako ini khusus diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang terkena dampak pandemi Covid-19. Selain itu ada juga beberapa bantuan sembako yang juga disiapkan bagi khusus keluarga siswa yang kurang mampu. 

Dikatakan, bantuan sembako yang dibagikan kepada masyarakat kurang mampu ini, merupakan sumbangan dari para orangtua siswa SMP YPPK Yoanes XXIII Merauke, ditambah dengan bantuan dana dari pihak YPPK. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang sudah memberikan bantuan kepada pihak sekolah untuk memberikan sembako kepada masyarakat. Jadi sembako kita bagikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan, seperti pedagang kecil atau petugas kebersihan,” kata Sr. Klarensia kepada Papua Selatan Pos saat ditemui usai pembagian sembako, Kamis (23/4). 

Di tempat yang sama, Ketua YPPK Merauke, Pastor Agustinus Wolomase, Pr menyampaikan bahwa aksi solidaritas ini muncul dari keprihatinan YPPK tentang adanya pandemi Covid-19 di Kabupaten Merauke. Di dalam situasi kegelisahan masyarakat ini, YPPK juga ingin mengambil bagian untuk memberikan dukungan kepada masyarakat. 

“Ide ini sebenarnya muncul ketika kami melihat pemerintah dan juga lembaga-lembaga lain yang bekerja keras untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetapi di satu sisi kita juga melihat bahwa ada dampak ekonomi yang dialami oleh masyarakat, khususnya orang kecil. Jadi kami bagikan sembako dengan berkeliling, di mana kami menemukan orang kecil, kami bagikan,” kata Pastor Agustinus kepada Papua Selatan Pos usai pembagian sembako.

Di samping itu, Pastor Agustinus juga mengajak seluruh sekolah YPPK untuk mengambil bagian dalam bersolider dengan masyarakat kecil. Beberapa sekolah juga telah mengumpulkan masker dan akan diserahkan kepada Tim Penanggulangan Covid-19 Keuskupan Agung Merauke untuk dibagikan kepada umat.

“Jadi ini adalah program dari yayasan, tetapi program karena situasional. Untuk melihat situasi yang terjadi kita tidak hanya bisa menonton, tetapi kita harus melakukan aksi nyata. Memang di keuskupan sudah ada timnya, tetapi dari setiap paroki juga bisa membantu, termasuk juga yayasan,” kata Pastor Agustinus. [JAK-RH]

1 thought on “Aksi Solidaritas Peduli Covid-19, SMP Yoanes XXIII Bagikan Sembako kepada Warga yang Membutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *