14 Juni 2024

12 Siswa SMP Terbaik Ikut Program ADEM di Luar Papua

0

Foto Bersama 12 Siswa Program ADEM. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP –  Bertempat di pendopo pada tanggal 4 Juli 2023, Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si berikan kebijakan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi untuk berangkatkan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di luar Papua. Siswa program ADEM dilepaskan oleh Plh. Sekda drh. Pilipus Umbu Sogara, dan sebanyak (12) siswa SMP yang mengikuti program ADEM berasal dari (5) SMP di Kabupaten Mappi.

Kepala Bidang SMP Eko Pambudi menjelaskan, ini program ADEM kedua kalinya yang diikuti oleh siswa SMP, karena selama covid tidak dilaksanakan program tersebut, dan program ADEM merupakan program unggulan dari kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi. Tahun 2023 program ADEM tersebar di provinsi Bali, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Banten, dan siswa SMP tersebut akan tersebar di provinsi-provinsi ini.

Kabid sampaikan, program ADEM yang diluncurkan ini khusus kepada anak-anak asli papua karena termasuk dalam program Orang Asli Papua (OAP). Tentu program ADEM tidak terlepas dari landasan hukum yakni, undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan intruksi Presiden Republik Indonesia nomor 9 tahun 2020 tentang percepatan pembagunan kesejahteraan di provinsi papua dan provinsi papua barat.

“Kami sampaikan terima kasih kepada bapak ibu yang telah bersedia untuk mengikut sertakan anak – anaknya dalam mengikuti program ADEM di luar papua, dan ini merupakan keputusan yang sangat luar biasa karena telah diputuskan oleh orang tua siswa untuk anaknya sekolah di luar papua. Terima kasih kepada bapak ibu kepala sekolah yang telah mendelegasikan para siswa-siswa terbaik dari masing – masing sekolah untuk mengikuti program ADEM ini,” ujarnya Kabid belum lama ini.

Kesempatan yang sama, Plh. Sekda drh. Pilipus Umbu Sogara berharap, agar pembicaraan yang telah disepakati bersama orang tua dari 12 siswa ini bisa menjadi keputusan yang baik untuk bisa berangkatkan anak – anak kita sekolah di luar papua melalui program ADEM. Siswa yang mengikuti program ADEM bukan hanya menjadi tanggung jawab penuh pemerintah, tetapi sebagai orang tua wajib memberikan dukungan doa dan semangat kepada anak – anak agar mereka bisa mengikuti program ini dengan penuh semangat, karena mereka adalah siswa – siswi terbaik yang terpilih.

“Diharapkan juga kepada dinas pendidikan dan para orang tua siswa agar tetap menjalin komunikasi dengan baik, dan jika ada hal – hal yang perlu dan sangat penting untuk disampaikan harap bisa di koordinasikan. Terima kasih kepada anak – anak yang akan mengikuti program ADEM kalian sangat luar biasa karena kalian adalah siswa pilihan yang akan menempuh pendidikan di laur papua,” pungkasnya.

Diketahui, siswa yang mengikuti program ADEM berasal dari SMP Negeri 1 Obaa (7) Siswa, SMP Negeri 2 Obaa (1) siswa, SMP Negeri 1 Nambioman Bai (2) siswa, SMP YPPK St. Paulus Kepi (1) siswa dan SMP YPPK Yohanes Paulus II Obaa (1) Siswa. Nama siswa yang ikut program ADEM 2023 yakni, Florentina Rumaseuw, Jason Lee, Oliva M. Tokomonowir. Corason Kanakhai, Salfator Basilius B. Yadumun, Maria O. Hakusiri, Yohanes Julians B. Christian Mereman, Mira M.M.N. Tamogoimu, Soneta Yagoyamu, Elisabeth L. Anderi, Minika Tokomonowir dan Jacqualine K. Kainakaimu. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *