7 Desember 2023

Perkembangan Dinamika Atmosfer Juni 2023, Wilayah Papua Selatan Memasuki Musim Kemarau

0

Merauke, PSP – Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanah Miring menerangkan pada akhir Mei dasarian III (tanggal 21-31) 2023 wilayah Papua Selatan khususnya di Wilayah Merauke telah memasuki awal musim kemarau yakni di distrik Merauke, Semangga, Tanah Miring, Okaba, Malind, Jagebob, Kurik dan Semangga. Di BMKG untuk menentukan awal musim kemarau ditandai dengan jumlah curah hujan dasarian ( 10 harian) kurang dari 50 milimeter dan diikuti dua dasarian berikutnya. Secara umum untuk musim kemarau 2023 bersifat normal hingga bawah normal jika dibandingkan dengan rata-rata klimatologisnya 1991 – 2020.

Prakirawan BMKG Tanah Miring, Lelan Herlina Pinem, S. Tr menjelaskan musim kemarau tahun 2023 kali ini diprediksi akan lebih kering dibandingkan musim kemarau 1-2 tahun sebelumnya karena adanya peluang El Nino di semester II tahun 2023 dengan level Lemah hingga Moderate. Tercatat Indeks ENSO pada Bulan Juni dasarian  I, II dan III 2023 secara berturut-turut sebesar +0.98, +0.758 dan +0.89 ( El Nino Lemah).

” Prediksi anomali suhu muka laut dalam kondisi hangat tetap bertahan hingga Desember 2023.   Monsun Australia atau angin timuran pada dasarian III Juni 2023 sedang aktif dan diprediksi terus aktif dengan intensitas lebih kuat dari klimatologisnya. Monsun Australia membawa massa udara dingin dan relatif lebih kering. Untuk puncak musim kemarau di Papua Selatan di prediksi terjadi di bulan Juli hingga September 2023 sesuai dengan Zona Musim yang ada atau bisa diakses di https://bit.ly/Buletin_PMK2023,” katanya.

Diharapkan agar masyarakat Papua Selatan khususnya wilayah yang rentan terhadap titik api ( hotspot), kebakaran hutan dan lahan serta ketersediaan air bersih lebih siap dalam mengantisipasi puncak musim kemarau 2023. Musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. Oleh karena itu, perlu diwaspadai peluang terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang yang dapat terjadi sewaktu – waktu. Agar selalu update Informasi Prakiraan curah hujan dasarian maupun musim di media sosial @infobmkg atau @staklimmerauke.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *