21 Juni 2024

Diikuti 60 Murid dan 30 Guru, Pj. Bupati Mappi Tutup Pelatihan Pandai Berhitung GASING

0

Mappi, PSP – Sebanyak 60 murid dan 30 orang guru SD di Kabupaten Mappi telah mengikuti pelatihan berhitung dengan metode Gasing atau Gampang Asyik dan Menyenangkan gagasan Prof Yohanes Surya. Pelatihan digelar selama dua pekan mulai 21 Maret dan resmi ditutup Rabu (5/4/2023).

Kegiatan pelatihan yang terselenggara atas kerjasama Pemkab Mappi dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya ini ditutup oleh Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar, S.STP., M.Si

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar merasa bangga melihat progres dari murid dan guru setelah mengikuti pelatihan. Itu terlihat ketika dilakukanL demo langsung, dimana murid dan guru kini mulai menerapkan metode baru cara berhitung yang diajarkan oleh para trainer dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.

Output dari kegiatan ini dikatakan Pj Bupati, menjadi modal bagi Pemkab Mappi untuk terus mengembangkan dan akan diterapkan di sekolah melalui guru yang sudah mengikuti pelatihan. Sebab yang ikut pelatihan tidak hanya murid dan guru di kota saja tetapi juga dari distrik.

Pj Bupati berharap, guru yang telah dibekali ilmu berhitung dengan metode Gasing bisa terus mempersiapkan diri, sebab Dinas Pendidikan telah menyiapkan program Tour Gasing ke beberapa distrik pada Bulan September atau Oktober 2023 mendatang.

Begitu pula dengan murid yang sudah mendapatkan pelatihan bisa ikut serta agar menjadi motivasi bagi murid lain di distrik dan kampung. Beberapa distrik yang menjadi sasaran diantaranya Distrik Asue, Citak Mitak, Edera, Haju dan Mur.

Pj Bupati sudah berkoordinasi dengan Prof Yohanes Surya. Keduanya telah sepakat bahwa pelatihan ini akan berkelanjutan hingga beberapa bulan ke depan. Berikutnya di Tahun 2024, akan dilanjutkan dengan program literasi baca tulis kepada murid yang ada di kota maupun distrik. “Ini merupakan program berkelanjutan yang juga merupakan amanat dari pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten/kota. Ini program kebijakan nasional yang harus kita tindaklanjuti dan laksanakan di Kabupaten Mappi,” jelasnya.

Pj Bupati memberi apresiasi tinggi kepada Yayasan Teknologi Indonesia Jaya yang sudah hadir dan memberi pelatihan langsung kepada murid dan guru di Mappi. Ia berharap kerjasama ini tidak berhenti tetapi koordinasi dan kolaborasi terus dilakukan, juga ia meminta dukungan dari yayasan demi mencerdaskan anak-anak Mappi. “Kami sangat berterima kasih sudah datang ke Kabupaten Mappi memberikan ilmu atau transfer knowledge kepada anak-anak kita dan guru-guru kita,” ujarnya.

Setidaknya ada 20 murid dan guru yang direkrut untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo yang diagendakan pada Oktober atau November 2023 mendatang di Biak. “Kami Pemerintah Kabupaten Mappi siap memfasilitasi termasuk bapak, ibu guru yang juga mungkin akan direkrut bergabung bersama Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, itu menjadi kebanggan kita, kebanggan masyaraakat Kabupaten Mappi. Di Provinsi Papua Selatan Kabupaten Mappi yang pertama melakukan pandai  berhitung dengan metode Gasing,” pungkasnya. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *