Papua Muda Inspiratif Garap 50 Hektar Lahan Tanam Jagung Hybrida

Tanam jagung hibryda Papua Muda Inspiratif di Marga Mulya bersama forkompimda. Foto: PSP/JON

Merauke,PSP – Langkah Kelompok Papua Muda Inspiratif (PMI) Merauke memanfaatkan 50 hektar lahan untuk menanam bibit jagung Hybrida di Kampung Marga Mulya Semangga 2, Jumat (23/9).

Penanaman bibit jagung hibryda oleh petani ini, tergabung dalam Komunitas Papua Muda Inspiratif dengan menggandeng warga eks transmigran di lokasi tersebut.

Memilih jagung hibryda sebagai bibit penanaman, sebagai salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak di Merauke nantinya.

Sekda Kabupaten Merauke,Kepala Dinas Pertanian, TNI-Polri, Balai Wilayah Sungai (BWS) Merauke, Wakil Ketua II DPRD turut hadir guna mendukung penanaman yang dimulai 15 hektar ini.

Koordinator Papua Muda Inspiratif, Isayas Balagaize menjelaskan, penanaman jagung dilakukan dengan cara mekanisasi. Tercatat 15 hektare lahan dari total 50 hektare lahan telah ditanami jagung.

“Kami kolaborasi dengan warga eks transmigran. Mereka kami jadikan sebagai mentor untuk membimbing  mulai dari pembukaan lahan, penanaman hingga panen,” ujar Isayas Balagaize usai penanaman.

Menurut Isayas, peluang bisnis pakan ternak diyakini sangat menjanjikan mengingat pakan ternak di Merauke saat ini beberapa didatangkan dari luar daerah.

“Kami mencoba melihat peluang ini, semoga bisa berhasil. Kami membutuhkan dukungan dari semua pihak ya tentunya,” harap Isayas.

Ditempat yang sama, Sekda Kabupaten Merauke Ruslan Ramli, M.Si mengatakan, saat ini seluruh dunia berperang tentang ketahanan pangan negara masing – masing. Sehingga, tindakan Papua Muda Inspiratif itu patut diapresiasi serta didukung.

“Sekarang ini semua negara sedang berperang, artinya berperang ketahanan pangan. Kabupaten Merauke sudah ditetapkan sebagai daerah ketahanan pangan nasional. Sehingga pantas didukung dengan program berkelanjutan,” kata Sekda mengingatkan.

Sekda sampaikan, penanaman yang diharapkan berkesinambungan itu merupakan suatu bentuk dukungan terhadap pemerintah daerah. Pada kesempatan itu pula Dinas Peternakan Kabupaten Merauke memberikan bantuan pupuk, bibit serta handtraktor kepada komunitas itu. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *