25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

PON Papua Sumbang 1,7 Milyar Untuk Pajak Daerah

Ketua Koordinator Sub Bidang Peralatan Sub PB PON Merauke, Majinur

Merauke, PSP – Kepala Badan Pendapatan Daerah Bapenda Kabupaten Merauke, Majinur menjelaskan bahwa PON XX Papua di Klaster Merauke memberi dampak yang signifikan terhadap kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu melalui pajak daerah.

Majinur memaparkan bahwa peningkatan perolehan pajak daerah telah ia hitung sebelum PON dilaksanakan. Ia mencontohkan, sektor jasa penginapan dan jasa penyedia makanan dan minuman saat PON pasti mengalami peningkatan pendapatan yang sangat pesat dan akan memberikan andil terhadap pendapatan daerah.

“Kalau prediksi awal ke kami (Pajak) itu 1,7 milyar, itu yang nyata kami lihat dari tingkat hunian hotel, makan minum. Kan sudah kelihatan, macam fendor makan minum berapa milyar, itu dari situ sudah kelihatan, PPH nya sekian, pajak restorannya sekian,” terangnya di Media Center Sub PB PON Merauke, Selasa (12/10).

Peningkatan PAD dalam PON ini menurut Majinur tidak termasuk retribusi daerah. Paslanya, Pemda Merauke memutuskan tidak melakukan penarikan retribusi guna memberikan kesempatan kepada masyarakat agar semakin menyemarakan PON XX Papua.

“Itu tidak termasuk retribusi yang tidak kita ambil. Itu nanti masukan buat kita (untuk even berikutnya).  Kita prediksi saja, satu tahun 3 kali, wah PAD lumayan,” tambahnya.

Selain itu, Majinur menuturkan bahwa menurunya kasus covid-19 saat ini juga memberi andil terhadap maksimalnya pelaksanaan PON. 

“Sebelum PON ini kita sudah kumpulkan mereka, 400 PKL. Mereka butuh waktu jualan sampai jam 11 malam, dan bupati janji akan berikan itu karena covid juga sudah menurun,” pungkasnya. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!