25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Persipura Ingin Jadikan Stadion Katalpal Home Base Sementara

Stadion Katalpal Merauke. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Ketua Umum Koni Pusat, Marciano Norman menitipkan seluruh infrasturktur dan sarana prasarana olahraga agar dijaga dan dirawat dengan baik. Hal ini agar setelah perhelatan PON, seluruh bagunan vanue olahraga tidak terlantar dan mangkrak.

Menurut Marciano, salah satu cara agar bangunan fasilitas olahraga tetap bisa terjaga adalah dengan sesering mungkin menyelenggarakan even pertandingan.

“Saya titipkan kepada pak bupati untuk sarana yang ada di Merauke ini tolong dirawat dengan sebaik-baiknya. Bagaimana cara merawatnya, tentu saja dengan menyelenggarakan even yang teratur. Dalam satu tahun, harus ada 4 sampai 5 kali, supaya terus terpelihara. Tanpa penyelenggaraan even tidak bisa,” terangnya di Media Center Subda PON Merauke, Selasa (12/10).

Marciano juga berkomitmen akan menyelenggarakan beberapa pertandingan di Merauke malalui KONI Pusat.  “Saya akan mendorong juga nanti even bermotor di Merauke. Saya akan dorong PSSI untuk juga menggelar sepak bola di Merauke, sehingga dengan demikian semua terpakai,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Marciano juga menyampaikan bahwa Stadion Katalpal Merauke akan menjadi homebase bagi Persipura.  Norman mengaku telah diminta oleh Wali kota Jayapura, Benhur Tommi Mano, terkait niat pemindahan markas tim Mutiara Hitam ke Merauke. Pemindahan ini dilakukan dengan alasan bahwa sementara ini Persipura tidak memiliki tempat latihan di provinsi Papua. 

“Kebetulan kemarin saya bersama wali kota Jayapura, yang juga Asprov PSSI Papua. Beliau menyampaikan bahwa setelah ini Persipura hombasenya akan saya pindahkan ke Merauke, karena sementara ini mereka ada diluar,” terangnya di MC Subda PON Merauke, Selasa (12/10).

Sementara ini pada gelaran Liga 1 2020, Persipura menggunakan Stadion Klabat Manado sebagai markas  mengingat Stadion Mandala digunakan untuk gelaran PON Papua.

Sementara itu, Wakil Bupati Merauke, H. Riduan  dalam kesempatan yang sama mengemukakan bahwa pihaknya akan secara berkala menggelar penjaringan atlet muda dalam rangka dan melaksanakan beberapa pertandingan dalam rangka pengembangan potensi. “Pemerintah daerah Merauke nanti akan konsisten memanfaatkan vanue-vanue, dalam rangka peningkatan prestasi seluruh cabang olahraga yang ada di Merauke. Mulai dari tingkat sekolah dasar, sampai perguruan tinggi dengan penyelenggaran pertandingan-pertandingan. Dengan begitu nanti akan muncul para potensi-potensi olahraga yang baru,” terangnya di Media Center kemarin. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!