29 Maret 2024

Gempa bumi Tektonik M5,3 Guncang Nabire

0

Merauke, PSP – Pada Kamis, (09/9/2021) pukul 09:16:31 WIB, wilayah Nabire diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,98° LS ; 134,99° BT, atau tepatnya berlokasi didarat pada jarak 100 km arah Barat Daya Kota Nabire, Papua pada kedalaman 22 km.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, M.Si dalam berita rilisnya menjelaskan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Tarera Aiduna. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar geser. 

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Nabire,  III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” terangnya, Kamis (9/9).

Dalam pantauan dihari yang sama hingga pukul 10:00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (ftershock).

Sementara itu, Bambang mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pungkasnya.

[WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *