25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Kasus Covid-19 Menurun, Prokes Harus Tetap Jalan

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Merauke, dr. Neville Muskita.

Merauke, PSP – Memasuki bulan September. jumlah masyarakat  yang terpapar Covid-19 kian menurun. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Merauke, dr. Neville Muskita saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/9).

“ Ada tren penurunan, saya kasih contoh begini kita di bulan Juli itu 895 kasus kemudian dia naik di bulan Agustus 1.200 lebih kasus dengan kematian 93. Nah, dibulan September ini sampai dengan kemarin (Minggu) itu ada 100-an kasus lebih berarti dalam satu minggu kan sudah menurun dari 300 menjadi 100,” ucap dr. Neville.

Lebih lanjut, Neville juga menjelaskan bahwa kasus kematian pasien Covid-19 di minggu pertama bulan September dibandingkan bulan sebelumnya pun mengalami penurunan yang signifikan hingga 3 kali lipat.

“ Terus kalau tingkat kematian miaslnya di bulan Agustus 90-an lebih berarti kan rata-rata 3 orang meninggal tiap hari atau 27 kasus tiap minggu. Kita di minggu pertama September ini kita ada 100-san kasus dengan kematian kita 7, berartikan sudah jauh berkurang 3 kali lipat,” jelasnya.

Neville menuturkan penurunan kasus Covid-19 ini juga tidak terlepas dari kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi guna mengurangi penyebaran Covid-19.

“ Selain makin banyak yang divaksin, saya selalu bilang bahwa pada kondisi pandemi itu kurva itu akan naik, pada satu titik tertentu dia mulai turun. Yang penting prokes kita jalan baik intinya sebenarnya itu,” tuturnya.

Selain itu juga penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga mempengaruhi penurunan kasus Covid-19 di kabupaten Merauke.

“ PPKM dalam rangka itu, mengatur supaya tidak banyak orang kontak. Tapi tidak otomatis PPKM saat itu langsung kasus turun saat itu kan tidak dia akan terlihat di yang sekarang ini,” ungkapnya.

Meskipun begitu, Neville mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini belum usai sehingga masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat jika melakukan aktivitas di luar terlebih dengan adanya varian baru yang muncul di beberapa negara. “ Prokes tetap jangan lupa, karena itu salah satu kunci sebenarnya menekan penyebaran. Walau turun tapikan belum selesai artinya virus masih ada, penyebaran masih ada di masyarakat sehingga prokes harus tetap jalan, apalagi dengan muncul varian baru sekarang itu harus kita waspadai,” pungkasnya.

[JON-NAL]

error: Content is protected !!