7 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Hengky-Lexi, Bupati dan Wabup Boven Digoel Terpilih

Rapat pleno terbuka penetapan Paslon Bupati terpilih. Foto: PSP/VER

Tanah Merah, PSP – Komisi Pemilihan Umum Daerah KPUD Boven Digoel gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hengky Yaluwo – Lexi Romel Wagiu Pada PSU Pilkada Boven Digoel, rapat pleno tersebut berlangsung di Gereja Rehobot tanah Merah yang dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Papua  Dorthea Diana Simbiak didamping Komisioner KPU Provinsi Papua.

 

Pembukaan rapat pleno tersebut diawali dengan pembacaan berita acara tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih,  pembacaan Keputusan KPU Provinsi Papua dan pengesahan hasil Rapat Pleno Terbuka, hingga Prosesi pendandatanganan dokumen Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada PSU Pilkada Boven Digoel Tahun 2020.

Ketua KPU Provinsi Papua dalam rapat terbuka tersebut mengatakan, pelaksanaan tahapan-tahapan pilkada Boven Digoel, saat ini terus dilakukan hingga rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil Bupati terpilih, setelah ada putusan MK dalam sengketa PSU Boven Digoel.

Dikatakan ketua KPU Provinsi Papua  Dorthea Diana Simbiak.

Pada putusan MK beberapa waktu, telah dijelaskan dalam amar keputusan bahwa permohonan pihak Pemohon tidak beralasan hukum sehingga tidak dapat diproses. Selanjutnya pihak KPU Provinsi Papua telah melaksanakan rapat internal dengan KPUD Boven Digoel terkait dengan rapat pleno terbuka penetapan Paslon Bupati dan wakil Bupati terpilih, yang akhirnya dilaksanakan pada Jumat (03/09).

Dijelaskan Dorthea,  setelah akan dilaksanakan penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih tersebut, pihak KPU akan menyampaikan hasil keputusan dan pengusulan pengangkatan kepada DPR-RI dan kepada Mendagri melalui Gubernur Papua. Adapun pentahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh KPU yaitu menyampaikan kepada pihak-pihak terkait paling lama 3 bulan setelah pengusulan penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

“Selaku ketua KPU Provinsi Papua mengucapan apresiasi dan terimakasih sebesar-besarnya  kepada pihak-pihak yang telah bersinergitas, berkorban, dan membantu pihak KPU selaku penyelenggara sehingga perjalanan kontestasi Pilkada Boven Digoel tahun 2020 yang diselenggarakan berjalan dengan lancar dan aman hingga saat ini kita melakukan suatu agenda rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati terpilih.”Pungkasnya saat memberikan arahannya. [VER-NAL]

error: Content is protected !!